Sakit badan dan bengkak, apa penyebabnya?

AJ Info Penanya: AJ, Wanita, 22 Tahun
Halo dok selamat pagi, jadi gini dok ibu saya mengalami sakit badan beberapa hari ini di sertai dengan sakit dada, punggung tangan, kaki tidak bisa tidur malam selalu merintih kesakitan dan bengkak area tangan dan kakinya, tapi tidak pusing tidak mual, sudah ke dokter tp dokter bilang tdk apa apa, kalau ayah saya bilang mungkin asam urat trs do kasih jamu tapi tidak mampan juga. Harus bagaimana dok ? Di kondisi Corona begini mau kerumah sakit takut juga. Minta saran nya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AJ,

Sakit badan adalah keluhan yang bisa timbul baik karena ada masalah pada area tubuh yang mengalami nyeri otot ataupun bisa karena penyakit lain yang menimbulkan gejala badan pegal sampai nyeri atau disebut myalgia. 

Beberapa penyebab badan sakit dan pegal diantaranya adalah:

Untuk itu sementara bisa diberikan penanganan dengan obat pereda nyeri seperti parasetamol, kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin lalu kompres hangat, mandi air hangat untuk merelaksasi otot-otot.

Jika nyeri hebat dan terdapat tanda peradangan seperti kemerahan, nyeri, bengkak, teraba lebih hangat pada area yang nyeri ataupun penurunan kemampuan gerak makap perlu diperiksakan. Ada baiknya bisa memeriksakan ibu Anda pada dokter spesialis penyakit dalam konsultan reumatologi.

Apabila ada riwayat asam urat, perlu dilakukan pemeriksaan lab darah untuk memastikannya. Nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan lab darah lain ataupun foto rontgen jika diperlukan untuk memastikan apa penyebab nyerinya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AJ
24 Apr 2020, 04:29
terimakasih dok sangat bermanfaat infonya, alhamdullilah ibu saya sudah membaik.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diperkirakan manusia memiliki 250-350 sendi yang memiliki fungsi penting untuk pergerakan tubuh

Macam-macam Sendi pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

Tubuh manusia memiliki macam-macam sendi, dengan fungsi tersendiri, yang terbagi atas sendi sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Jumlah sendi antara satu orang dan orang lainnya, bisa berbeda, tergantung pada sejumlah faktor. Namun diperkirakan, manusia memiliki sebanyak 250-350 sendi.