Mulut pahit dan mual, apa penyebabnya?

I Info Penanya: I
Dok kenapa ya sekarang sekarang setiap habis makan saya selalu merasakan mual dan mulut terasa pait.. perut saya terasa lapar tapi mulut mual kalau masuk makanan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Mual adalah sebuah keinginan untuk muntah. Keluhan mual, mulut pahit dan rasa tidak nyaman pada perut umumnya disebabkan oleh beberapa masalah pada sistem pencernaan. Seperti adanya peningkatan asam lambung, adanya infeksi pada lambung (maag / gastritis), adanya Gastro esofageal reflux disease atau sering disebut dengan istilah GERD, adanya tukak lambung, atau beberapa kondisi medis yang lainnya.

Adapun tanda dan gejala yang sering muncul berkaitan dengan beberapa kondisi pada lambung adalah:

  • Mual dan atau muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Nyeri atau tidak nyaman pada area ulu hati
  • Rasa tidak nyaman pada dada
  • Mulut terasa asam bahkan pahit
  • Pusing
  • Napas terasa tidak lega

Terkait dengan keluhan Anda, beberapa tindakan yang disarankan untuk membantu mencegah keluhan tersbeut datang kembali adalah dengan cara menjaga pola makan yang teratur atau tidak menunda jam makan, konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang, hindari makanan yang dapat memicu kenaikan dari asam lambung.

Hindari stres dan juga kelelahan. Cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar terhindar dari dehidrasi. Usahakan memberikan jeda setidaknya 3 jam setelah makan bila hendak tidr atau berbaring.

Bila dalam waktu 3 hari keluhan tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat agar mendapatkan terapi yang sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi perut kembung yang alami sangat beragam, salah satunya dengan mengonsumsi tempe.

17 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi perut kembung tidak semata-mata menggunakan obat. Sejumlah cara alami, termasuk dengan menggunakan kompres air hangat dan menghindari makanan asin, bisa meredakan kondisi perut kembung.