Hidung tersumbat tapi tidak batuk, apa penyebabnya?

MF Info Penanya: MF, Pria, 1 Tahun
Selamattt malam dok...Kenapa idung sumbat tapi tidak batuk, kalau naik nafas dada sakit, sendawa, perut kembung, ulu ati, suhu badan 36,9 dok saya sering khawarti tentang korona dok sering pikir aneh"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MF,

Hidung tersumbat adalah gejala yang bisa timbul apabila ada gangguan pada rongga pernapasan terutama area hidung dan tenggorokan. Pemicunya bisa alergi seperti paparan debu, udara dingin, flu, dan lainnya. Untuk itu perlu perhatikan apa pemciunya dan hindari.

Untuk mengatasi hidung tersumbat bisa menggunakan obat pelega saluran napas seperti yang dihirup, mencuci hidung dengan air garam, hirup uap air hangat ataupun juga bisa mengonsumsi obat flu jika diperlukan.

Untuk suhu tubuh sendiri normal karena berada diantara suhu normal yaitu 36,5-37,5 derajat celcius. 

Apabila terasa kembung, sering bersendawa, nyeri ulu hati dan sesak bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti penyakit maag dan asam lambung. Jadi beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Tidak melewatkan waktu makan
  • Makan lebih sering 4-5 kali sehari dengan porsi kecil
  • Jangan makan pedas, asam, makan yang bersantan
  • Hindari minum teh, kopi, cokelat ataupun soda
  • Bisa minum obat maag seperti antasida untuk meredakan gejala. Diminum sebelum makan 
  • Perbanyak minum air putih

Jika tidak ada riwayat kontak bepergian ke luar negeri atau daerah yang terdampak corona atau kontak dengan orang yang baru pulang dari luar negeri atau daerah terdampak corona maka bisa tidak ke arah infeksi virus corona atua COVID-19.

Biarpun begitu, tetap waspada dan jaga kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jangan memegang mata , mulut dan hidung jika belum cuci tangan dan lakukan pembatasan interaksi fisik dengan orang lain. Jika batuk gunakan masker dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AI
11 May 2020, 22:07
Saya berharap dapat berdiskusi dengan MF tentang progress kesehatan nya saat ini, karena saya mengalami hal yang sangat sama sejak 7 april 2020
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 May 2020, 11:12
Selamat siang, AI.
keluhan yang sama, belum tentu diagnosa dan pengobatan juga sama. Sebaiknya, konsultasikan kesehatan Anda ke dokter bila dirasa ada keluhan yang kurang nyaman pada diri Anda. Pastikan Anda tetap mengonsmsi makanan bergizi, jaga kebersihan diri dan lingkungan, serta lakukan olahraga agar badan tetap bugar.
Terima kasih.
Dibalas oleh KC
17 May 2020, 19:42
Bagaimana ya dok caranya mencuci hidung dengan air garam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 May 2020, 11:10
Selamat siang, KC.
Untuk mencuci hidung dengan air garam, diperlukan adanya indikasi medis tertentu. Sebaiknya,konsultasikan terlebih dahulu terkait dengan keluhan yang Anda rasakan ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan. Hal tersebut menentukan boleh atau tidaknya Anda mencuci hidung dengan air garam. Bila diperbolehkan, dokter akan mengajarkan caranya.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tinta cumi bisa didapatkan dengan menambahkannya pada hidangan

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Tinta Cumi yang Bisa Anda Petik

Tinta cumi hitam mampu membuat makanan lebih terasa kaya dan gurih. Manfaat tinta cumi untuk kesehatan juga tak kalah lezat, dari menurunkan tekanan darah hingga menghambat pertumbuhan kanker. Tapi tips mengolahnya juga tak boleh asal agar khasiatnya bisa optimal.