sakit antara gusi dan gigi bungsu belakang disertai dengan leher kaku dan rahang sakit

CH Info Penanya: CH, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam dok..Salam sejahtera untuk kita semua..Sebelumnya saya sudah melihat artikel mengenai kesehatan, ada alamat email dokter jadi saya mencoba untuk berkonsultasi juga..Saya ingin bertanya dok, kira-kira ini penyakit apa ya? Saya sudah baca digoogle, tapi saya tidak begitu yakin. Saya mengalami, sakit antara gusi dan gigi bungsu belakang dibawah, kemudian semenjak sakit pipi saya membengkak disertai dengan leher saya kaku dan rahang sakit saat mencoba membukanya. Ketika berbicara susah, makan dan menelan air liur pun juga susah. Leher bagian kiri yang terkena itu juga kaku terasa seperti ada yang menonjol. Bagaimana ini dok? Mohon penjelasannya sakit apa, dan solusinya harus bagaimana.. Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore CH,

Sakit yang dirasakan dapat timbul karena beberapa kemungkinan penyebab dan juga bisa timbul dua masalah secara bersamaan, kemungkinan penyebabnya adalah:

Pada dislokasi sendi temporomandibular sendiri dapat menimbulkan gejala seperti nyeri di wajah dan nyeri pada rahang, sulit membuka rahang, sulit menutup mulut, sulit berbicara, posisi rahang yang tidak sejajar ataupun menimbulkan bunyi atau bengkak pada rahang.

Kondisi ini dipicu oleh menguap terlalu lebar, tertawa terlalu keras dan lebar, terjatuh, terbentur, ataupun penyebab lain. Penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres bagian yang nyeri menggunakan kompres dingin, melakukan pijat ringan disekitar area yang nyeri, hindari kebiasaan menopang dagu, konsumsi makanan yang mudah dicerna, mengonsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan dan periksakan diri pada dokter atau dokter gigi agar dilakukan penanganan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat gigi bungsu (wisdom tooth) tumbuh biasanya timbul nyeri atau pembengkakan di gusi

Ketimbang Sakit Berlama-Lama, Jangan Ragu Cabut Gigi Bungsu

Gigi bungsu (wisdon tooth) adalah gigi geraham ketika yang tumbuh di area paling belakang rahang dan biasanya tumbuh pada usia 17-25 tahun. Jika arah gigi bungsu tumbuh tidak normal, operasi cabut gigi bungsu adalah pilihan terbaik.