13 Sep 2021, 22:30Perut

Sakit perut bagian bawah dan susah BAB apakah berhubungan?

TA
Info Penanya: TA0
Halo saya ingin bertanya saya sering sakit perut bagian bawah sampai di pusat kadang mau BAB buat jongkok saja sakit , mau buang angin saja sakit, mau jalan sj sakit bisa kh saya dapat pencerahan gejala apakh ini, saya Thian 31 tahun Kadang kalau selesai menstruasi itu di bagian bawah perut rasanya sakit sekali, Terkadang kalau setelah berhubungan intim terasa sakit sekali Samapi tidak bisa jalan mohon di jawab dokter
87 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo T,Sakit pada perut bisa terjadi pada seluruh lapang perut atau pada bagian tertentu yang mengalami keluhan. Misalnya jika disebabkan oleh usus buntu, maka keluhan yeri akan terasa dimana organ tersebut berada yaitu di perut kanan bawah. Selain itu, jika keluhan disebabkan oleh gangguan pada saluran pencernaan maka keluhan bisa disertai dengan gejala lain seperti mual, kembung, dan lain sebagainya.

Beberapa kemungkinan penyebab sakit perut bawah:

  • Radang usus buntu yang berat atau pecah
  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi pada saluran pencernaan 
  • Penyakit illeus
  • Crohn disease
  • Nyeri menstruasi
  • Penyakit radang panggul
  • Penyakit pada organ reproduksi
Nyeri perut bawah yang disebabkan infeksi, mungkin juga memiliki gejala demam. Jika keluhan ini sudah terjadi lebih dari 3 hari dan belum membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter dan apakah perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG. Jika memiliki penyakit maag, hindari makanan penyebab asam lambung meningkat. Nyeri setelah hubungan dapat terjadi karena trauma pada serviks atau infeksi saluran kemih yang juga menyebabkan keluhan kencing terasa tidak lampias. Kompres perut yang sakit menggunakan air hangat, selain itu jika nyeri tidak tertahankan konsumsilah obat paracetamol untuk mengurangi keluhan nyeri.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi saluran kencingsakit perutnyeri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil