Apa penyebab nyeri perut bagian bawah?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 24 Tahun
dok, punggung bagian kanan saya sakit seperti pegal tapi sangat tidak nyaman, hingga saya kerokan dan pakai koyo, paginya perut saya bagian bawah kram mnyeluruh, saya kira mau haid , rsa seperti mau pms tp tanggal masih jauh,kemudian sakitnya gk hilang, rasa seperti di tusuk” sampai paling terasa sakit di bagian bawah perut tengah hingga kanan, sakit sekali sampai tak bisa tdur, sakitnya pun mnyebar ke pinggang sampai ke kaki, itu kenapa ya dok? skrg sakitnya sudah mau 3hari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AI.

 

Nyeri perut bawah pada wanita bukan hanya karena masalah datang bulan saja, tentunya ini menyebabkan aktivitas Anda sangat terganggu.

Adapun penyebabnya terdiri dari beberapa hal:

  • Penyakit usus buntu, nyeri dapat disertai dengan gejala lain seperti demam, mual, muntah, diare.
  • Kram menstruasi
  • Radang panggul, ditandai dengan gejala nyeri pada saat berhubungan seksual, haid tidak teratur, sering kencing serta rasa panas saat buang air kecil, demam, nyeri menyebar hingga kepunggung bawah sampai anus, dan keputihan yang abnormal.
  • Kista ovarium, nyeri umumnya hilang timbul
  • Gangguan pencernaan, biasanya disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah dan diare

Terkait dengan keluhan yang Anda alami diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyakit Anda, kemungkinan rasa sakit tersebut merupakan penjalaran dari rasa sakit di perut bawah Anda.

Sebaiknya Anda bisa melakukan hal ini dirumah:

  • Mengompres bagian tubuh yang sakit dengan menggunakan air hangat yang dimasukkan ke dalam botol
  • Istirahat yang cukup dan hindari stres berlebihan
  • Perbanyak makan buah dan sayur
  • Minum yang cukup 2 liter/ hari
  • Minum anti nyeri seperti paracetamol 500mg jika tidak tertahankan nyerinya

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat, 

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YI
25 Apr 2020, 21:04
Dok ini suami saya kok panas turun terus ya saya jadi takut soal nya ini kan lagi musim nya corona dia cuma panas aja ngk ada sakit apa apa cuma pns.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
26 Apr 2020, 10:41
Selamat siang, YI.
Panas atau demam dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti infeksi, radang, kondisi imun yang sedang menurun dan lain-lainnya. Pada infeksi virus corona, umumnya gejala yang dialami disertai pula dengan batuk kering, keluhan pada tenggorokan dan sesak napas. Maka demam yang terjadi pada suami Anda belum tentu disebabkan oleh infeksi virus corona. Jika demam yang dirasakan telah melewati 3 hari ada baiknya untuk segera diperiksakan.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mencukur bulu kemaluan pria bisa dengan gunting

Cara Mencukur Bulu Kemaluan Pria Dapat Dilakukan di Rumah

Cara mencukur kemaluan pria tidak hanya dapat dilakukan di salon melainkan juga di rumah. Meskipun lebih lazim dilakukan wanita, mencukur bulu baik bagi kesehatan.