Kulit mengelupas setelah pakai sabun kojiesan

RD Info Penanya: RD
Selamat pagi dok.. Saya umur 29th.. Saya sbuln lbh pakai kojiesan. Kulit tangan saya kering gt dok.. Ky pd nglupas.. Trs kalo d gosok kya smcm daki gtu dok.. Kira2 Itu kenapa ya dok?? Apa kulit matiny terangkat??apa gg cocok?? Sebaikny d lanjutkan apa dihentikan dok.. Trimaksih salam santun dok dari saya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Sabun pemutih adalah sabun yang mengandung bahan tertentu yang dipercaya berkhasiat mencerahkan kulit dan memutihkan kulit. Salah satu contohnya adalah sabun yang mengandung asam kojic ataupun bisa mengandung bahan lain yang perlu berhati-hati dan dihindari seperti misalnya jika mengandung hidrokinon dan sebaiknya digunakan atas anjuran dokter.

Jika mengandung merkuri maka perlu dihindari karena merupakan bahan berbahaya, perhatikan jika ada kandungan calomel, mercury, cinnabaris maka perlu dihindari penggunaannya. Untuk itu penting juga memperhatikan apakah produk yang dibeli sudah terdaftar pada BPOM.

Pada penggunaan sabun asam kojic sendiri bisa menimbulkan efek samping seperti diantaranya adalah:

  • Reaksi alergi
  • Iritasi kulit
  • Meningkatkan risiko tumor kulit jika kandungan asam kojic tinggi

Penggunaan sabun pemutih sendiri perlu dipakai rutin dan baru bisa terlihat hasilnya dalam 10 minggu. Selain itu perlu penanganan lain seperti menggunakan tabir surya, hindari paparan matahari langsung, gunakan pakaian yang tertutup ataupun pelindung dari paparan matahari. 

Jika kterjadi kulit kering, baiknya bisa dihentikan dulu penggunaannya dan gunakan pelembap kulit seperti gel lidah buaya dan petroleum jelly. Bisa juga ganti dulu dengan sabun khusus untuk kulit kering atau gunakan handbody lotion atau shooting cream. Jika kulit kering makin luas atau bertambah berat disertai gatal atau nyeri segera periksakan pada dokter atau dokter kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mengatasi jerawat di dagu, yaitu dengan tidak memencetnya

Jerawat di Dagu Mengganggu Penampilan, Bagaimana Mengatasinya?

Jerawat di dagu menjadi masalah kulit yang banyak dialami. Ini umumnya terjadi karena kebersihan wajah yang tak terjaga. Namun tenang, terdapat berbagai cara mengatasi jerawat di dagu.