Saat olahraga berat, nafas sesak, pusing dan dunia kelihatan gelap. Sakit apa ya?

R Info Penanya: R, Pria, 2019 Tahun
Saat olahraga berat seperti main bola kaki,,,nafas sesak,, kepala pusing dan dunia kelihatan gelap,,sakit ap y dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebelumnya saya jelaskan dahulu apa yang terjadi saat anda olahraga. Semua sistem tubuh berfungsi lebih cepat dari biasanya, sehingga informasi biokimia dihantarkan sel tubuh lebih cepat. Detak jantung meningkat dan pada akhirnya memompa lebih banyak darah ke dalam tubuh dan meningkatkan suhu tubuh. Kemudian hormon endorphin jadi keluar dan anda merasa euforia. Kemudian aliran darah yang tinggi ke otak menghasilkan fungsi ingatan dan anda merasa lebih segar dan aktif. Itu bila olahraga dilakukan sesuai kapasitas tubuh.

Bagaimana tubuh anda, apakah secara umum termasuk fit? Apakah ada riwayat suatu kondisi klinis? Apakah anda kelebihan / kekurangan berat badan? Sesak nafas adalah kompensasi tubuh untuk mendapatkan oksigen lebih banyak, sehingga anda nafas semakin cepat. Jantung juga akan berusaha memompa darah lebih sering agar oksigen diantar ke seluruh tubuh. Kepala pusing dan gelap menandakan aliran darah ke otak tidak tercukupi karena seluruh sel tubuh sedang meningkat metabolisme dan kebutuhan oksigennya termasuk otak anda.

Saran saya kalau memang sudah ada tanda seperti ini istirahat dahulu, atau anda coba olahraga dari yang ringan bila belum terbiasa olahraga berat. Kalau sepakbola atau futsal termasuk golongan olahraga aerobik dan anaerobik dengan kategori berat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika melihat kerabat Anda pingsan, baringkan pada permukaan yang rata

Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan yang Harus Anda Lakukan

Pingsan adalah kondisi kehilangan kesadaran sementara yang terjadi akibat kurangnya aliran darah menuju otak sehingga terjadi penurunan tekanan darah. Pertolongan pertama pada orang pingsan seperti memposisikan orang yang pingsan pada lokasi yang aman, memeriksa pernapasan dan denyut nadinya perlu diberikan untuk mencegah kondisi-kondisi berbahaya.