Saat memakai make up muka terasa gatal, apakah penyebabnya dan cara mengatasinya ?

L Info Penanya: L, Wanita, 18 Tahun
Dok,, saya ingin bertanya,, kenapa ya setiap saya pake makeup muka saya selalu terasa gatal, apakah saya alergi dengan makeup dok?Trusss bagaimana cara mengatasinya dok? Terimakasih dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L.

Kulit sensitif bukanlah suatu penyakit. Bahkan kita tidak akan tahu jika kulit kita sensitif sampai ada kerusakan pada kulit saat menggunakan produk kosmetik seperti sabun, pelembab atau makeup. Dari keluhan yang anda sampaikan kemungkinannya adalah reaksi alergi. Namun untuk memastikannya sebaiknya ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut beberapa tips untuk kulit sensitif :

- Sementara stop menggunakan make-up sampai diperiksa oleh dokter spesialis kulit

- Hindari untuk mengexfoliate wajah

- Gunakan pembersih wajah yang bebas pewangi dan alkohol

- Hindari membeli produk yang dicantumkan hati-hati pada kulit sensitif.

- Jangan menggunakan toner yang mengandung alkohol

- Memilih makeup secara hati-hati, hindari yang mengandung pewangi, gunakan produk oil-free dan non-comedogenic. Jangan lupa selalu membersihkan wajah dari sisa makeup

-Gunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Hindari tabir surya yang mengandung pewangi, minyak, para-aminobenzoic acid (PABA).

- Cobalah produk yang baru anda beli pada bagian belakang telinga dan biarkan semalaman, jika tidak ada iritasi, cobalah  pada bagian atas mata, jika tetap tidak iritasi makan produk tersebut dapat di gunakan pada wajah anda.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit antara lain dapat meningkatkan perlindungan kulit dan menyamarkan bekas luka

4 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit antara lain untuk meningkatkan perlindungan kulit, menyamarkan bekas luka, memperpanjang usia sel, dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Vitamin E juga dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh.