Saat kencing berbusa, Penyakit apakah itu?

AT Info Penanya: AT, Wanita, 28 Tahun
Dok,ibu sy umur 65 pny skit diabetes,maag,darah tinggi,knp ya setiap kencing keluar busa?wktu sya tes lab protein (positif 3)hrsnya kn (negatif)..apa krn kelebihan protein dok..gmn solusi mengurangi agar tdk berbusa?tes lab pa yg hrs dilakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AT,

Air seni atau urine adalah zat sisa metabolisme atau dikenal zat ekskresi yang sudah tidak berguna bagi tubuh dan dikeluarkan lewat saluran kencing. Ada berbagai macam kondisi pada air kencing yang sering dikaitkan atau bisa untuk menilai kondisi kesehatan seseorang.

Urine adalah sisa dari proses penyaringan darah yang dilakukan di ginjal terutama di bagian Glomerolus. 

Pada keadaan tertentu misal seseorang yang mempunyai sakit diabetes melitus atau hipertensi acap kali mempengaruhi kesehatan fungsi ginjal tersebut. Kondisi ginjal yang kurang baik dapat menimbulkan masalah yakni dikenal dengan Gangguan ginjal baik akut maupun kronis. 

Gangguan ginjal ini dapat menyebabkan proses penyaringan darah terganggu dan terkadang terdapat protein yang ikut keluar bersama urin dikarenakan adanya kebocoran dalam proses penyaringan tersebut, hal ini dalam medis disebut Proteinuria. Semakin banyak protein yang keluar lewat urin yang bisa terlihat dari tes urine maka dapat menjadi salah satu tolak ukur menilai fungsi ginjal tersebut.

Hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi gejala tersebut diantaranya :

  1. Minum air putih yang cukup
  2. Kurangi atau batasi makan terlalu tinggi karbohidrat maupun lemak
  3. Hindari konsumsi garam
  4. Hindari konsumsi kafein
  5. Rutin kontrol tekanan darah dan gula darah.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam agar keluhan tersebut segera tertangani. Berikut ini saya sertakan artikel Kenali penyakit ginjal stadium awal untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terkilir dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang yang menimbulkan rasa nyeri

Ginjal Anda Bermasalah Jadi Penyebab Sakit Pinggang? Belum Tentu!

Kadang sulit membedakan sakit pinggang dan masalah ginjal karena titik rasa nyeri yang berdekatan. Terkilir juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang akibat cedera saat beraktivitas.