07 Oct 2019, 05:12Infeksi

Saat ejakulasi tidak ada sperma yang keluar

R
Info Penanya: R, Pria0
Dok, awalnya saya merasa perih saat pipis, setelah saya banyak minum, rasa itu sedikit teratasi, tapi saat ejakulasi kenapa seperma saya tidak keluar, tapi tetap klimaks, terimakasih jawabannya.
24802 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi R,Keluhan nyeri saat berkemih seringkali disebabkan oleh infeksi saluran kemih dimana ada beberapa gejala yang menyertai seperti BAK terasa tidak tuntas, ingin BAK terus, air seni bercampur darah, nyeri perut bagian bawah, serta nyeri pinggang. Faktor penyebab seseorang terkena infeksi saluran kemih adalah kebiasaan menahan kencing, minum air putih kurang dari 2 liter per hari, tidak menjaga kebersihan area kelamin dengan baik. Pada pria yang belum dikhitan lebih rentan untuk terkena infeksi saluran kemih. Keluhan-keluhan ini dapat membaik dengan perubahan gaya hidup seperti banyak minum air putih, hindari menahan kencing, dan menjaga kebersihan area kelamin.Sedangkan untuk keluhan saat ejakulasi tidak muncul sperma bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti :
  • Ejakulasi retrograde, dimana cairan sperma yang seharusnya dikeluarkan melalui penis malah berbalik masuk ke arah kandung kemih. Hal ini terjadi ketika orgasme namun otot di leher kandung kemih tidak mampu berkontraksi dan menutup dengan sempurna, sehingga sperma akan masuk ke dalam kandung kemih.
  • Penyumbatan di epididimis dan vas deferens. Epididimis adalah tempat penyimpanan sperma sebelum dikeluarkan ketika ejakulasi, sedangkan vas deferens adalah saluran yang menyalurkan sperma keluar dari epididimis ketika terjadi ejakulasi. Sumbatan pada bagian ini akan menyebabkan sperma tidak dapat mengalir keluar meskipun sudah ejakulasi.
  • Pasca operasi laser. Operasi laser pada penderita BPH dapat memiliki efek samping seperti dapat orgasme namun tidak ada sperma yang keluar.
Bila keluhan ejakulasi tanpa sperma ini terus berlangsung, hingga disertai BAK darah, nyeri pinggang, maka segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
infeksi saluran kemihejakulasi diniepididimitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil