Kenapa saat berhubungan seksual tidak mengeluarkan sperma?

S Info Penanya: S, Wanita, 44 Tahun
Assalamualaikum dok saya mau tanya knp suami saya kdg kl berhubungan intim dengan saya tidak mengeluarkan sperma dok... terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi S,

Ejakulasi adalah proses keluarnya sperma saat seorang laki-laki berhubungan seksual. Saat berhubungan seksual banyak hal yang melibatkan seseorang bisa mencapai orgasme atau tidak, Namun ketika terjadi orgasme juga tidak selamanya dibarengi dengan ejakulasi.

Berikut ini beberapa kemungkinan kenapa suami Anda tidak mengeluarkan sperma saat berhubungan seksual :

  1. Adanya disfungsi ereksi.
  2. Suami tidak mencapai orgasme. Hal ini bisa terjadi karena titik rangsangnya yang tidak pas, atau komunikasinya yang tidak baik, sedang stres atau kelelahan.
  3. Suami mengalami ejakulasi retrograde, dimana sperma bukannya keluar melalui penis, malah masuk ke dalam kandung kemih. Hal ini bisa diketahui dari tidak keluarnya sperma, atau sperma yang keluar sedikit dan ketika kencing akan tampak urin yang sedikit keruh karena sudah bercampur dengan sperma.

Saat ini yang dapat suami Anda lakukan adalah :

  1. Coba komunikasi lebih baik perihal keinginan masing-masing saat berhubungan seksual agar lebih nyaman dan bisa mencapai orgasme. Diskusikan bagian mana yang ingin dirangsang.
  2. Hindari foreplay yang terlalu lama karena dapat mengakibatkan kelelahan dan kejenuhan.
  3. Lakukan olahraga secara teratur.
  4. Perbanyak konsumsi kerang, sayur dan buah untuk meningkatkan kualitas sperma.
  5. Hindari merokok.

Bila keluhan ini berlanjut, maka sarankan suami Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter urologi untuk mengetaui penyebab pastinya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab ejakulasi dini bermacam-macam, biasanya disebabkan oleh masalah-masalah psikis

Pahami Penyebab Ejakulasi Dini, Gejala, dan Cara Mengobatinya untuk Membantu Masalah Seksual Anda

Ejakulasi dini dapat mengganggu keharmonisan dalam hubungan seksual seseorang. Penyebab ejakulasi dini bermacam-macam, biasanya disebabkan oleh masalah-masalah psikis, seperti stres, depresi, masalah kerja, dan semacamnya.