Saat berhubungan keluar keputihan banyak namun warnanya normal dan tidak berbau , apakah berbahaya?

D Info Penanya: D, Pria, 20 Tahun
Dok saya mau tanya , pada saat selesai hubungan intim istri saya selalu keluar keputihan banyak namun warnanya normal dan tidak berbau , apakah berbahaya? Apakah hubungan intim bisa membuat keputihan makin parah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam D

Keputihan setelah berhubungan adalah kondisi normal, bentuk keputihan normal atau flek biasanya berwarna putih lendir tidak berbau dan tidak membuat gatal ataupun nyeri. Keluarnya keputihan tersebut biasanya efek dari cairan dan sisa debris sel vagina atau efek pengaruh hormonal. 

Keputihan yang berbahaya adalah jika berwarna kuning coklat atau hijau yang dapat menjadi tanda adanya infeksi alat kelamin atau masalah pada vagina termasuk kanker serviks dan endometriosis. Selain itu keputihan yang menjadi masalah akan disertai nyeri pada vagina dan rasa gatal dan bau yang menyengat. 

Saya sarankan agar membersihkan keputihan dan vagina dengan air bersih, hindari pemakain sabun cebok vagina karena dapat menghilangkan flora normal disekitar alat kelamin dan memicu pertumbuhan bakteri anaerob. Jika keputihan banyak sebaiknya menunda hubungan seksual dan hindari hubungan seksual yang beresiko seperti berganti ganti pasangan agar tidak terkena penyakit menular seksual

Jika keputihan yang keluar berubah warna dan disertai keluhan nyeri gatal sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Sp.OG

Salam sehat

dr.Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan ternyata berguna untuk membersihkan sistem reproduksi wanita dari sel-sel mati dan bakteri

Keputihan Saat Hamil: Normal atau Tidak?

Keputihan normal terjadi pada masa kehamilan, namun Anda perlu tahu bahwa hal tersebut tidaklah selalu normal. Keputihan normal disebut sebagai leukorea, yang memiliki ciri tipis, bening, serta berbau ringan. Keputihan yang tidak normal, dapat disebabkan oleh infeksi jamur pada vagina.