Saat berhubungan intim tidak mengeluarkan sperma?

EP Info Penanya: EP, Pria, 29 Tahun
Selamat malam dok,saya mau bertanyaBegini dok setiap saya hubungan intim dengan istri saya kenapa ya Mr P saya tidak pernah mengeluarkan sperma dok,apa karena efek waktu masih lajang saya terlalu sering onani ya dok jadi Mr P saya tidak bisa mengeluarkan sperma.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi EP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah saat berhubungan intim Anda tidak mencapai orgasme atau Anda mencapai orgasme tapi tidak ada air mani yang keluar. Bila tidak ada air mani yang keluar disebut retrograde ejaculation. Dimana air mani yang berada di saluran vas deferens masuk kembali ke kandung kemih karena kelemahan otot salurannya. Otot sama yang menahan air kencing saat Anda kebelet pipis. Penyebabnya ada kerusakan saraf akibat diabetes, efek samping obat untuk darah tinggi, depresi atau pembesaran prostat. 

Sedangkan bila Anda tidak bisa orgasme, bisa akibat psikologi seperti cemas akan performa seksual. Bisa juga akibat kesan negatif terhadap hubungan seksual dari kecil atau korban pelecehan anak. Trauma psikis lainnya seperti depresi, keadaan berduka, kelelahan, masalah rumah tangga atau stres ingin punya anak bisa mengakibatkan pria tidak orgasme saat berhubungan seks.

Kemudian untuk gangguan klinis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, pecandu alkohol, hormon testosteron rendah, penyalahgunaan heroin dan cedera tulang belakang. Berikut artikel mengenai genitalia laki-laki untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat masturbasi tak hanya bisa dirasakan oleh pria

Serba-Serbi Masturbasi yang Sering Dianggap Tabu

Dalam dunia medis, masturbasi merupakan hal yang normal dan wajar dilakukan oleh pria dan wanita. Masturbasi bisa menjadi masalah apabila dilakukan secara berlebihan hingga mengganggu kehidupan sehari-hari.