Saat atau sesudah haid selalu mengalami demam dan sakit kepala yang parah, apakah wajar?

SD Info Penanya: SD, Wanita, 19 Tahun
Dok, sejak bulan mei kemarin ketika menjelang atau saat atau sesudah haid saya selalu mengalami demam parah, dan juga sakit kepala yang parah dok, memang saya mempunyai tekanan darah yang rendah dok, tetapi sebelum2nya saat haid saya biasa saja, sehat2 saja. Itu kenapa ya dok? Apakah itu hal yang wajar atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SD

Salah satu tanda bahaya dari menstruasi adalah demam. Demam menandakan adanya peradangan, yang paling sering disebabkan oleh infeksi. Bila berhubungan dengan menstruasi biasanya terkait dengan organ kandungan apalagi bila disertai keputihan yang gatal dan berbau tidak sedap. Selain demam tanda bahaya lainnya adalah nyeri atau jumlah perdarahan yang lebih banyak dari biasanya. Sebaiknya Anda konsultasi dengan Dokter terutama Dokter Spesialis Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pada saat menstruasi Anda beresiko juga terkena anemia karena perdarahan. Gejala anemia umumnya lemas, lesu dan sakit kepala. Jadi sebaiknya Anda banyak minum air dan makan makanan bergizi untuk menjaga kondisi Anda. Saya lampirkan artikel mengenai 5 Bentuk Menstruasi Tidak Lancar yang Patut Anda Waspadai dan Tidak Hanya Lemas, Gejala Anemia Lain Juga Perlu Anda Kenali untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati tanda-tanda menstruasi agar Anda lebih siap menyambut tamu bulanan

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Tanda-tanda menstruasi atau PMS terjadi sekitar lima hari hingga dua minggu sebelum haid datang. Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, ini tanda menstruasi yang perlu diketahui.