Saat anak demam, kompres air panas atau air dingin?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Anak saya hari ini tiba-tiba demam dan tidak mau masuk sekolah dok. Jika ingin dikompres dirumah saja, yang tepat menggunakan air panas atau air dingin yaa dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Demam merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kenaikan suhu meningkat lebih dari 37,5oC. Penyebab tubuh mengalami kenaikan suhu karena sistem pertahanan memberikan perlawanan kepada bakteri atau virus atau penyebab lainnya.

Saat tubuh demam dan suhu meningkat sebaiknya lakukan kompres hangat. Namun di pastikan suhunya tidak terlalu panas. Kain yang dibasahi dengan air hangat di letakan dibagian tubuh seperti dahi, leher, ketiak atau selangkangan untuk menurunkan suhu badan anak Anda. Anda juga bisa memberikan paracetamol untuk menurunkan demam.

Namun jika dengan cara di atas demam anak Anda tidak membaik dan muncul ruam di kulit, jarang atau sama sekali tidak buang air kecil, gangguan pencernaa seperti mual, muntah, diare dan nyeri perut, detak jantung meningkat, sesak napas, bibir, kulit dan kuku bewarna biru, atau sampai muncul kejang demam dan penurunan kesadaran. Sebaiknya segera di bawa ke IGD Rumah sakit atau dokter Anak.

Semoga bermmanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Termometer bayi jenis in-ear dapat Anda gunakan pada bayi yang berusia setidaknya 3 bulan

Beragam Jenis Termometer Bayi dan Kegunaannya

Termometer bayi memiliki banyak jenis dan kegunaan tersendiri. Termometer yang bisa digunakan untuk mengetahui suhu bayi antara lain termometer in-ear, termometer dahi, dan termometer ketiak. Selain itu, ada thermometer yang digunakan untuk mengukur suhu botol susu bayi, dan suhu ruangan serta air mandi untuk bayi.