Rutin minum obat apakah ada efek negatifnya pada organ tubuh lain?

DF Info Penanya: DF, Pria, 2019 Tahun
Dokter ,,saya ingin bertanya,,,selama hampir 9 bulan saya rutin minum obat penurun ,tekanan darah,penurun colesterol dan gula darah....apkah ada epek negatinya pada organ tubih yg lainnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DF,

Mengonsumsi obat rutin sering kali menimbulkan mitos dapat merusak sejumlah organ lain seperti misalnya ginjal dan hati tetapi sebenarnya tidaklah demikian. Pada penyakit kronis atau penyakit-penyakit yang diderita dalam waktu lama sampai bertahun-tahun sendiri diperlukan obat rutin untuk mengontrol penyakit tersebut agar tidak timbul komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan organ lain.

Penyakit darah tinggi dan diabetes adalah salah satu contoh penyakit kronis yang dimana penderitanya perlu mengonsumsi obat rutin. Diabetes, kolesterol tinggi dan hipertensi sendiri jika tidak dikontrol dapat menimbulkan sejumlah komplikasi seperti kerusakan ginjal, gangguan pembuluh darah, serangan jantung, stroke dan sejumlah komplikasi lain. Meskipun begitu, obat rutin yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan cara dan dosis penggunaannya karena bagaimanapun setiap obat memiliki kemungkinan untuk menimbulkan efek samping. 

Lakukan perubahan gaya hidup agar membantu menjaga kondisi tubuh sehingga penyakit kronis yang dialami tidak bertambah berat sampai memerlukan pengobatan tambahan. Lakukan juga pemeriksakan kesehatan secara berkala untuk memantu kondisi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.