Rutin konsumsi cokelat baik untuk kehamilan, benarkah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dokter. Saya saat ini hamil pertama. Apa betul mengkonsumsi cokelat baik untuk kesehatan ibu hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Cokelat adalah makanan dengan rasa manis, yang bisa dikonsumsi langsung ataupun dicampurkan ke dalam kudapan lainnya, seperti pisang, roti, donat, dan lain-lain. Selain itu, ada pula cokelat bubuk yang bisa diseduh dan enak diminum hangat-hangat. Hampir semua orang menyukai cokelat, termasuk ibu hamil.

Jika saat hamil Anda ingin mengonsumsi cokelat, sebaiknya perhatikan dulu kandungan kakaonya. Kakao adalah biji cokelat yang masih mentah. Semakin banyak kakao yang terkandung, maka rasanya cenderung lebih pahit. Sebaliknya, semakin sedikit kakao, biasanya akan cukup banyak campuran butter, susu, atau gulanya. Nah, yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah yang banyak kakaonya dengan minimal 70%, yang biasanya disebut dark chocolate.

Berikut manfaat dark chocolate untuk ibu hamil:

  • Mencegah kontraksi dini dengan magnesium yang terkandung di dalamnya
  • Membantu pembentukan hemoglobin karena kaya akan zat besi
  • Mengurangi mood swing dan memperbaiki suasana hati
  • Mencegah stres
  • Menurunkan risiko pre-eklampsia, menurut salah satu studi yang telah dilakukan

Namun, walaupun banyak manfaatnya, tetap perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi terlalu banyak cokelat dapat meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, konsumsilah cokelat tidak lebih dari 30 gram per hari, ya. Konsumsi cokelat berlebihan dapat meningkatkan kenaikan berat badan janin yang terlalu drastis ataupun memicu peningkatan kadar gula darah. Juga, sebisa mungkin pilih cokelat yang alami, minim bahan pengawet dan gula buatan.

Akhir kata, pastikan kebutuhan nutrisi lainnya seperti kalsium, asam folat, vitamin D, dan lain-lain juga tercukupi, ya. Konsumsi selalu makanan bergizi dan air putih yang cukup. Jangan lupa kontrol sesuai jadwal ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lebih sering buang air besar jelang melahirkan merupakan tanda-tanda akan melahirkan.

Siapkan Diri Anda Bila Alami Tanda-tanda Akan Melahirkan Ini

Sering buang air besar menjelang melahirkan merupakan salah satu tanda-tanda akan melahirkan. Selain itu, tanda-tanda lainnya berupa sakit punggung, pecah ketuban, dsb.