Ruam Popok Pada Bayi. Bagaimana cara mengatasinya ?

DM Info Penanya: DM, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya,Salep apa yang digunakan untuk mengobati kulit selangkangan bayi (yang lecet lalu sudah mengelupas sehingga berwarna merah) akibat ruam popok?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bapak D,

Ruam popok karena penggunaan popok oleh bayi, bisa timbul akibat kondisi lingkungan yang hangat dan lembap. Ruam ini bisa berupa bercak merah pada pantat bayi, atau kulit merah bersisik di area kelamin.

Cara mengatasi ruam popok pada bayi, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah mengganti popok.
  • Periksa popok bayi sesering mungkin, dan menggantinya segera setelah basah atau kotor.
  • Gunakan air bersih. Untuk membersihkan kotoran dari kulit bayi Anda, gunakan pembersih ringan.
  • Mengelap area dengan lembut bersih dan kering, jangan menggosoknya.
  • Jika Anda menggunakan lap, pilih yang ringan. Cobalah untuk menghindari lap yang mengandung pewangi atau alkohol. Sebagai pilihan lain, gunakan kain lap yang bersih dan lembut.
  • Pastikan area kulit bayi benar-benar bersih dan kering, sebelum memakaikan popok baru.

Ruam yang parah biasanya membutuhkan tindakan ekstra ini.

  • Gunakan botol penyemprot berisi air, untuk membersihkan area dengan baik. Hindari menggosok kulit yang sakit.
  • Biarkan bayi Anda bebas dari popok sesering mungkin. Mengeringkan area yang biasa tertutup popok, bisa membantu menyembuhkan kulit bayi lebih cepat. Sebagai antisipasi, lakukan langkah ini dengan benar, setelah bayi buang air besar.

Produk perawatan berupa krim, salep, atau bedak, bisa menenangkan maupun melindungi kulit bayi yang sakit. Berikut ini beberapa cara menggunakan produk-produk perawatan kulit tersebut pada bayi.

  • Oleskan krim atau salep ke bagian kulit bayi yang akan tertutup oleh popok. Pilih produk dengan kandungan zinc oxide atau petrolatum (petroleum jelly).
  • Jika memilih bedak, jauhkan produk ini dari wajah bayi Anda. Sebab jika terhirup, bedak bisa menyebabkan masalah pernapasan pada bayi. Oleh karena itu, letakkan bedak pada tangan Anda sebelum mengaplikasikannya pada area kulit yang akan tertutup popok.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab bayi menangis di malam hari biasanya karena merasa lapar

Cara Mengatasi Bayi Menangis di Malam Hari, Seperti Apa?

Menjelang tidur malam, bayi rewel, mudah menangis, merasa gelisah, serta kurang nyaman. Penyebab bayi menangis di malam biasanya karena lapar. Selama Anda bersikap tenang, bayi akan mampu menghentikan tangisannya.