Ruam merah seperti cacar air?

M Info Penanya: M, Wanita, 23 Tahun
Dokter, Saya ingin bertanya...Umur saya 23 tahun, saya mengalami gatal dan ruam merah seperti cacar air sudah 3 minggu, sebelumnya saya sudah pernah terkena cacar. Saya sudah minum obat anti histamin, aspirin dan antibiotik, saya sudah oles caladine tapi ruam gatal sebagian mulai hilang dan sebagian muncul di bagian kulit lainnya, Obat apa ya dok yang bagus untuk penyakit saya ini?Mohon dijawab ya dok... Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam M.

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Terkait penyakit kulit, banyak kondisi yang perlu diperhatikan seperti

  1. Keluhan yang dirasakan.
  2. Lokasi penyakit kulit.
  3. Durasi terjadinya penyakit kulit.
  4. Hal yang memperberat atau meringankan penyakit kulit tersebut.

Gatal dan ruam merah pada kulit dapat terjadi karena proses peradangan pada kulit dan jaringan sekitar kulit. Peradangan dapat terjadi akibat adanya infeksi pada kulit baik oleh virus atau bakteri, adanya penyakit auto imun atau alergi, adanya zat tertentu yang menimbulkan peradangan

Cacar air atau secara medis disebut Varicella, adalah penyakit kulit yang disebabkan infeksi pertama kali oleh virus Varicella Zoster. Gejala yang ditimbulkan berupa demam, keluar ruam dan bintik kemerahan seluruh tubuh yang berisi cairan, dan batuk pilek. 

Perlu Anda ketahui ada beberapa penyakit dengan ujud kelainan kulit yang mirip dengan cacar air diantaranya

1. Herpes zoster. 

Herpes zoster atau cacar api, adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh reaktivasi dari virus Varicella zoster, dengan kata lain hanya dapat diderita oleh individu yang pernah menderita cacar air atau Varicella. Gejalanya hampir mirip dengan cacar air, yaitu terdapat bintik kemerahan berisi cairan, terkadang kering, atau berbentuk keropeng, dan juga menimbulkan nyeri pada area yang terpengaruh. namun karena cacar api penyebarannya melewati persyarafan, maka penyebaran nya hanya sesuai kulit yang dilewati persyarafan yang terpengaruh, tidak seluas cacar air yang hampir seluruh tubuh bisa terpengaruh. 

2. Herpes simpleks

Herpes simpleks adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Penyakit ini biasanya menginfeksi pada bagian yang ber mukosa seperti di sekitar mulut atau genital, namun tidak jarang herpes dapat terjadi di ketiak, badan, dan tangan, atau pada daerah kulit yang mengalami luka. 

Gejala dari herpes berupa timbul bintik berisi cairan di daerah yang terinfeksi, kemudian dapat pecah dan membentuk tukak dalam yang kadang dapat berisi nanah. Keluhan kadang disertai demam, pegal pegal, dan lemas. 

3. Molluscum contangiosum

Adalah penyakit kulit yang ditandai oleh bintil bintil yang berwarna seperti warna kulit, dengan bagian tengahnya lebih cekung. Bintil bintil ini dapat terasa gatal. Penderita seringnya tidak disertai demam. 

Untuk mengetahui penyebab dari penyakit kulit Anda, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter umum atau ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada kulit. Karena penyakit kulit memerlukan visual langsung dari ujud kelainan kulit yang didetita untuk dapat didiagnosis. Dan Penyebab penyakit yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit kulit, antara lain 

  1. Tidak menggaruk garuk kulit yang gatal secara Berlebihan.
  2. Hindari terpapar cahaya matahari dalam jangka waktu yang lama
  3. Selalu jaga kebersihan kulit dengan membiasakan cuci tangan dan mandi minimal dua kali sehari.
  4. Jaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin E, Vitamin C, protein, dan lemak sehat seperti Wortel, tomat, ikan, dan brokoli.
  5. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol.
  6. Olahraga teratur.
  7. Istirahat cukup.
  8. Hindari stres.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai pada penyakit kulit adalah benjolan di kulit yang semakin banyak atau meluas. Kulit yang melepuh secara menyeluruh secara tiba tiba, atau infeksi kulit yang parah. Apabila Anda mengalami hal tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr.Sandy Aditya Pradana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sampai lengah, Anda harus mengetahui gejala herpes agar tidak tertular.

4 Hal yang Penting untuk Antisipasi Penularan Herpes

Herpes ialah salah satu penyakit menular seksual yang jumlah pengidapnya sangat mengkhawatirkan. Kalau Anda atau pasangan Anda mengidap herpes, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah penularan herpes?