10 Dec 2020, 13:31Kulit & Kelamin

Penyebab ruam merah di kulit 

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 17 Tahun
Dok mau tanya di betis kiri bagian samping itu punya saya kan gatal lalu kegesek celana dan bentol putih seperti bekas gigitan nyamuk. Tapi disekitar bentol itu malah ada warna merah darah seperti ruam. Tidak sakit sih dok cuma gatal saja,itu kenapa ya dok? Apa memang cuma gigitan nyamuk? Dan bisa hilang setelah beberapa hari? Jika memar, tapi ini hanya warna merah tidak keunguan. Mohon penjelasannya dok?
490 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo S,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Ruam merah pada tubuh disebabkan oleh banyak faktor salah satunya penggunaan celana yang terlalu ketat. Gesekkan celana pada kulit dapat membuat kulit menjadi iritasi dan memerah. Rasa gatal juga membuat penderita menggaruk dengan keras. Jika saat menggaruk kondisi tangan dan kuku kotor, maka dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Penyebab ruam merah di kulit 

Penyebab ruam merah di kulit antara lain :
  • Dermatitis kontak iritan yaitu setelah kulit kontak dengan bahan iritan seperti cairan pembersih lantai, air raksa, alkohol 70 %, detergent, sabun pencuci piring, bahan celana atau baju dll.
  • Dermatitis kontak alergi saat ada pemicu alergi yang menyebabkan timbul ruam di tubuh misalnya, makananan, udara dingin atau panas, debu, bulu binatang, obat.
  • Infeksi karena tungau kasur sering terjadi jika kasur, karpet, dan rumah dalam keadaan tidak bersih dan lembab.
  • Infeksi jamur Jika bentuk ruam bulat seperti koin dengan tepi yang lebih jelas.
  • Ruam atau bintik-bintik merah di kulit yang tidak hilang dengan penekanan. Jika ruam ini disertai dengan dengan yang tinggi mendadak, Anda harus waspada karena ini dapat disebabkan oleh demam berdarah.
  • Gigitan serangga atau nyamuk.
Keluhan ruam bisa hilang jika penyebab sudah diatasi dan tidak ada infeksi akibat garukan. Untuk itu, cari tahu penyebab ruam. Minum CTM sesuai dosis 3x1 untuk mengurangi gatal. Efek obat ini dapat membuat kantuk. Anda juga dapat menaburkan bedak yang mengandung salisil pada kulit yang timbul ruam. Jaga kebersihan rumah, badan, dan lingkungan agar terhindar dari segala kuman serta tungau.Jika ruam bertambah banyak, disertai nyeri, keluar nanah pada ruam, demam yang tinggi mendadak, bengkak dan kesulitan bernafas, segera ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
gatalruam kulitdermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil