Ruam bulat dikulit yang tidak gatal, apakah penyebabnya?

IE Info Penanya: IE, Wanita, 24 Tahun
Tiba - tiba dikulit ada bulatan, tidak gatal. Namun saat cek google itu katanya kurap. Apakah betul?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IE

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ada beberapa gangguan di kulit yang tidak terasa gatal. Pada kasus Anda ruam berbentuk bulat dan apakah hanya di satu lokasi atau timbul juga ditempat lain? Bila timbul di banyak tempat kemungkinan infeksi virus (campak, cacar), terpapar matahari (sunburn), atau reaksi terhadap obat/vaksin.

Bila hanya di satu lokasi, lebih sering karena iritasi kulit akibat zat kimia atau infeksi (impetigo, ringworm atau jerawat). Untuk mengatasinya dengan memakai sabun untuk menghilangkan zat penyebab iritasi, setelahnya dibilas dengan air. Bila tampak kering gunakan body lotion 2x sehari. Bila karena infeksi mungkin memerlukan salep antibiotik. Atau bila memang kurap, seringkali disebabkan oleh infeksi jamur jadi memerlukan antijamur.

Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit untuk memastikan diagnosa dan tatalaksanannya. Untuk sementara bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi kurap seperti pada artikel yang saya lampirkan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggaruk bagian kulit yang terkena dermatitis kontak dapat membuat kulit iritasi

Pilihan Obat Gatal untuk Dermatitis Kontak yang Mengganggu

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh iritasi suatu zat di kulit atau memicu reaksi alergi. Ada dua jenis dermatitis kontak, yaitu dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan. Gejala yang muncul adalah gatal, kulit kering dan bersisik, ruam merah, kulit melepuh lecet, dan kulit pecah-pecah.