Apa efek dari rontgen?

EP Info Penanya: EP, Pria, 18 Tahun
Dok saya mau tanya sewaktu saya rontgen tidak diberika pakaian khusus oleh petugas dan saya hanya memakai kaos dalam putih tipis apakah dampak radiasinya sangat berbahaya dan jika berbahaya bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Foto rontgen adalah salah satu pemeriksaan penunjang yang menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik untuk menampilkan gambar bagian tubuh. Gambaran yang dihasilkan bercorak hitam putih. Pada beberapa jenis foto rontgen, dapat dibantu dengan penggunaan zat kontras seperti iodine atau barium untuk menghasilkan gambar yang lebih detail.

Indikasi foto rontgen biasanya untuk mengatahui kondisi organ dalam tubuh seperti tulang, sendi, paru-paru, jantung, tumor, dll. Pemeriksaan ini dapat dilakukan kepada ibu hamil tapi dengan kondisi harus dengan surat keterangan dari dokter. Walaupun begitu, pada umumnya rontgen tidak memiliki efek samping bagi kesehatan. Memang, akan tetap ada resiko memicu pertumbuhan sel kanker, tapi tetap aman digunakan jika dibandingkan dengan maanfaatnya. Pada beberapa pemeriksaan foto rontgen yang memakai kontras, efek samping dari kontras itu sendiri bisa berupa reaksi alergi bahkan sampe syok.

Prosedur rontgen sendiri tidak memberikan efek samping apapun. Pasien hanya diminta berdiri atau berbaring sesuai dengan bagian tubuh yang ingin difoto. Plat film foto akan diletakan dan alat foto akan diarahkan ke bagian tubuh yang ingin di foto. Lalu, pasien diminta untuk tidak bergerak selama proses pengambilan foto berlangsung. Kondisi ini akan berlangsung beberapa menit saja. Foto rontgen dilakukan oleh petugas radiologi dan hasil fotonya akan diinterpretasikan oleh dokter spesialis radiologi.

Salam sehat,

dr. ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rutin olahraga untuk jantung sehat dan tubuh selalu bugar.

Tips Latihan yang Efektif untuk Menyehatkan Jantung

Tubuh yang mudah lelah bisa disebabkan karena Anda kurang melatih jantung. Cobalah mulai olahraga untuk jantung agar sehat dan kuat.