Rokok vapor lebih baik daripada rokok batangan, benarkah?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Siang dok, kata anak saya rokok vapor lebih baik daripada rokok batangan, benar begitu kah dok? Saya hanya khawatir paru-parunya terganggu. Mohon infonya ya dok, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Rokok vapor adalah rokok elektrik masa kini yang memiliki beragam rasa serta bau buah-buahan yang tentunya menarik untuk digunakan dan adanya bau yang wangi tanpa disadari akan mengurangi kecemasan akan bahaya merokok dan merasa aman saat menggunakannya.

Banyak info yang beredar bahwa rokok vapor tidak berbahaya atau efeknya lebih minimal dibanding dengan rokok batangan, namun hal tersebut tidaklah benar. Antara rokok vapor dengan rokok batangan sama-sama memiliki dampak negatif terhadap kesehatan bila dipakai dalam jangka waktu panjang.

Pada rokok vapor tetap terkandung nikotik dan zat-zat berbahaya lainnya sama seperti rokok batangan namun memang jumlahnya sedikit lebih minimal dibanding dengan rokok batangan. Sehingga rokok vapor tetap saja bisa menimbulkan kecanduan, tekanan darah tinggi, iritasi mata akibat timbulnya zat volatile organic compound (VOC), bronkitis, kanker paru, impotensi, kanker laring, serta penyakit-penyakit lainnya. Dan tentunya dampak negatif ini baru muncul beberapa tahun kemudian di mana saat semuanya sudah terlambat.

Sehingga sebaiknya rokok vapor tetap tidak digunakan dan sarankan anak Anda untuk mengalihkan perhatian dengan mengunyah permen karet atau cari kesibukan lainnya serta jauhi lingkungan yang dapat memberikan dampak buruk. Karena dibutuhkan tekad yang kuat untuk menghindari merokok.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pizza, burger, french fries, merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh

Benarkah Ada Makanan yang Bisa Memicu Kanker Paru-paru?

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis makanan dapat memicu kanker paru paru? Makanan-makanan tersebut umum ditemukan dan bahkan biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satunya adalah roti putih yang memiliki kadar glikemik yang tinggi.