Apa rokok vape lebih sehat daripada tembakau?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok apa betul rokok vape lebih sehat daripada rokok tembakau?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Akhir-akhir ini sering kali kita mendengar bahwa kemunculan vape atau rokok elektrik dinilai aman daripada rokok? Benarkah?

Rokok berisi tembakau kering yang dibungkus kertas. Kandungannya memiliki nikotin dan tar. Sedangkan vape adalah rokok elektrik yang cara kerjanya adalah memanaskan cairan yang berada dalam tabung. Meski vape tidak mengandung tembakau seperti rokok. Namun vape mengandung beberapa bahan yang dapat membahayakan tubuh.

Beberapa kandungan dalam vape :

  • Nikotin
    Kandungan nikotin ini dapat menyebabkan seseorang ketagihan, apalagi dalam vape kadar nikotinnya juga ada yang cukup tinggi. Tentunya hal ini dapat membahayakan.
  • Propilen glikol
    Berfungsi sebagai pembuat uap, efek samping yang berkepanjangan dapat menyebabkan sakit kepala, serta mual dan merusak hati
  • Perisa
    Cairan yang berfungsi sebagai perasa dan membuat harum uap. Namun jika di gunakan secara berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan PPOK.
  • Formaldehyde
    Dapat menyebabkan kanker, gangguan sistem pencernaan dan paru-paru.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan vape atau rokok elektrik tidak lebih aman daripada rokok. Akan lebih baik jika Anda menjauhi rokok dan vape agar kesehatan Anda lebih baik.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jumlah anak merokok semakin meningkat, Anda harus menghentikannya.

Saat Anak Kedapatan Merokok, Orangtua Harus Lakukan Ini

Jumlah anak merokok di Indonesia semakin meningkat. Lingkungan pergaulan dan harga rokok menjadi faktor pemicu. Bagaimana cara Anda sebagai orangtua untuk menghentikan kebiasaan anak merokok?