Robekan di organ intim saat melahirkan dan sudah dijahit lama kering dan terasa sakit walau sudah 2 tahun.

NM Info Penanya: NM
Assalamualaikum wr.wb selamat malam dokter..saya wanita 32 tahun.. saya mau tanya dok,2 tahun yang lalu saya melahirkan anak ke 2.. pada waktu melahirkan bayi yang saya lahirkan besar dan saya mengalami robaken di bagian kewanitaan dan mendapat beberapa jahitan.. setelah sekian lama jahitan itu koq gak kering .. bila saya berhubungan dengan suami saya rasa nya sakit sekali,padahal sudah 2tahun...Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NM,

Pada saat melahirkan secara normal tentunya terkadang ada beberapa halangan misal letak bayi sungsang, ketuban pecah dini (KPD) maupun bayi lahir besar sehingga membuat terjadinya robekan di daerah perineum atau proses pengeluaran bayi mesti dibantu misal dengan melakukan robekan di daerah tersebut. Perineum yang robek baik secara alami karena bayi besar atau karena upaya pertolongan kelahiran akan dilakukan penjahitan agar daerah tersebut kembali dalam keadaan seperti awal.

Beberapa teknik jahitan perineum diantaranya :

  1. Jahitan di kulit atau disebut jahitan subkutikular
  2. Jahitan jelujur atau jahitan Kontinyu
  3. Jahitan simpul atau jahitan Interuptus.

Pada kondisi normal jahitan yang dilakukan lebih banyak jika kondisi robekan perineum sampai ke anus baik kulit maupun katup anus (sphincter ani) namun jika robekan tidak sampai melukai katup maka jahitan lebih sedikit. Setelah menjalani jahitan terkadang ada kendala seperti adanya infeksi atau timbul jaringan keloid pada bekas jahitan tersebut. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan jika ada pertanyaan lebih lanjut. Bersama ini saya sertakan artikel Penyebab vagina sakit saat berhubungan intim untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila celana dalam terlalu ketat, maka organ intim rentan mengalami iritasi

Tidak Pakai Celana Dalam Saat Tidur Bukan Jorok, Justru Baik!

Tidak pakai celana dalam saat tidur bisa jadi momen favorit organ reproduksi Anda di bawah sana. Selain bisa 'bernapas', organ intim Anda justru terhindar dari infeksi jamur jika Anda going commando.