Kenapa demam hilang timbul?

RM Info Penanya: RM
Selamat pagi dokSaya mau bertanya 2 hari yang lalu badan saya tiba tiba mengggil di malam hariKeesokan harinya saya kembali beraktifitas namun di sore hari badan saya kembali anget Setelah saya kembali ke kosan badan saya tambah panas dan tidak bia menelan Sudah saya minum paracetamol dan amoxilin di malam harinya Hari ini saya lihat mulut saya ada bintik2 merah berkumpul di satu sisi yaitu di langit2 mulut. Dan. Di lubang tenggorokan memang ada daging yang sudah hampir menutup (amandel
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keluhan yang Anda rasakan mengarah ke gejala radang tenggorokan. Radang Tenggorokan merupakan infeksi bakteri (Streptococcus pyogenes). Bakteri ini menular melalui udara ketika seseorang batuk atau bersin atau melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi bersama.

Beberapa gejala yang dirasakan adalah sakit tenggorokan, sakit saat menelan, amandel memerah dan bengkak terkadang dengan bercak putih atau garis-garis nanah, terdapat bintik merah kecil di area langit-langit mulut, kelenjar getah bening membengkak, demam, sakit kepala, mual dan muntah.

Pengobatan yang diberikan menggunakan antibiotik dan antiradang untuk meringankan gejala, mencegah penyebaran, dan mengurangi risiko komplikasi, namun karena tergolong obat keras maka perlu resep dokter untuk mendapatkannya. Pencegahan yang dapat Anda lakukan :

  1. Istirahat cukup
  2. Banyak minum air putih
  3. Makan dan minum hangat hindari es
  4. Berkumur dengan air garam
  5. Agar penyakit tidak menular ke orang lain Anda bisa menggunakan masker 

Jika keluhan Anda tidak kunjung membaik segera lakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski banyak manfaatnya, kapur sirih juga memiliki efek samping yang berbahaya

Kapur Sirih, Antara Manfaat dan Efek Samping yang Mengerikan

Kapur sirih memiliki manfaat yang tidak sedikit, namun juga efek samping yang berbahaya. Pastikan kapir sirih yang Anda gunakan memang aman untuk dikonsumsi.