Riwayat sakit jantung, nyeri kaki dan bengkak setelah jatuh 1 bulan.

WK Info Penanya: WK, Wanita, 31 Tahun
Ibu sy ada riwayat sakit jantung,1 bln yg lalu jatuh dan kakinya jd nyeri lalu telapak kakinya sering bengkak,apakah itu pengaruh dr sakit jantungnya? Karna peredaran darah yg tdk lancar atau apa ya dok?Klo harus cek ke dokter spesialis apaa?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WK

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Apakah ibu anda saat ini sedang minum obat-obat jantung secara rutin? Misalnya obat pengencer darah, hipertensi, dan lainnya. Pada saat jatuh 1 bulan yang lalu, apakah kakinya terbentur? Bila ada trauma, tempat yang cedera bisa merasakan nyeri dan daerah sekitarnya bisa bengkak. Bila ibu anda meminum pengencer darah, bisa saja daerah yang terbentur akan memar dan lebih bengkak. 

Bengkak pada telapak kaki bisa juga akibat sakit jantungnya. Karena fungsi jantung sudah menurun, darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh tidak bisa kembali ke dalam jantung dengan sempurna. Sehingga ada yang tertinggal dan menumpuk di kaki. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk minum jangan terlalu banyak dan kurangi asupan garam tiap harinya.

Bila ada keraguan, anda bisa konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung untuk penanganan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biji angkak merah dapat dijadikan sebagai obat herbal kolesterol

Obat Herbal Kolesterol Bisa Didapatkan dari Tanaman Ini

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan obat herbal kolesterol, antara lain bawang putih, jahe, hingga daun seribu. Tanaman-tanaman tersebut bagi beberapa orang, dianggap efektif untuk menurunkan kolesterol.