Riwayat perokok dan batuk darah

DK Info Penanya: DK, Wanita, 2019 Tahun
Dok .. Suami saya perokok tpi gk berat sehari habis max 7-10 batang.. Terakhir karna mau berhenti dia habis cuma 3-4batang perhari.. Setengah bulan yg lalu dia batuk dan batuknya ada darahnya.. Trus langsung dia berhenti merokok.. Malem ini dia batuk lagi dan bnyak ..kira kira suami saya kenapa ya dok..mohon jawabannya..terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore D,

Berdasarkan keluhan yang suami Anda. Batuk darah sering disebut dengan hemoptysis. Kondisi ini disebut dengan batuk disertai ada darah. Darah yang dikeluarkan kemungkinan berasal dari saluran nafas atau paru-paru karena infeksi. Untuk mengetahui penyebab yang pasti, maka harus diketahui karakteristik darah tersebut. Apakah darah tersebut berwarna merah segar atau merah gelap? Seberapa banyak darah yang keluar dan seberap sering darah yang keluar setiap hari? Apa ada gejala lain?

Penyebab batuk darah bisa disebabkan karena beberapa kondisi:

1. Bronkitis. Bronkitis adalah peradangan pada jaringan paru-paru dikarenakan infeksu bakteri atau virus. Biasanya kondisi ini diikuti dengan batuk kering dan pilek yang tidak sembuh-sembuh. 

2. Bronkiektasis. Bronkiektasis adalah gangguan pernapasan lama dikarenakan peradangan pada dinding bronkus di saluran nafas sehingga dinding bronkus menebal dan paru-paru sulit membersihkan lendir. Lendir yang akan menyebabkan infeksi.

3. Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteru Mycobacterium tuberculosis. Ditandai dengan batuk lama kadang disertai darah lebih dari tiga minggu, demam, keringat dingin malam hari, dan berat badan turun.

4. Emboli paru dimana ada gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah paru. Gumpalan tersebut biasanya berasal daru bagian tubuh lain.

5. Kanker paru. Kebanyakan terjadi pada umur 40 tahun keatas. Biasanya disebabkan karena rokok. Akan tetapi tidak semua penyakit kanker paru disebabkan rokok.

Pengobatan batuk berdarah sesuai dengan penyebabnya. Anda disarankan untuk ke dokter untuk mengetahui penyebab yang pasti.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rokok bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga perokok lebih rentan terserang penyakit

Rokok Tidak Hanya Merusak Paru-paru Namun Juga Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya paru-paru, rokok juga akan merusak salah satu sistem terpenting di tubuh, yaitu sistem pertahanan tubuh atau imunitas. Artinya, jika memiliki kebiasaan merokok, maka Anda akan lebih mudah terserang penyakit, termasuk penyakit berbahaya.