Riwayat operasi sesar, saat berhubungan intim merasakan pedih di area V, apa penyebabnya?

AM Info Penanya: AM, Pria, 2019 Tahun
Saya.aji.punya istri habis sesar udah 46 hari sesar.trus kmi mlkukan hubungan intim yng pertama.gk daa kluhan.selang satu minggu setelh mlkukn kmi mlkukan yng kedua kali nya.nh disitu baru da kluhan setelh srlang sehari kmi melakukan istri saya merasakan sakit.pedih di area v nya udah satu minggu ini blum sehat.juga.tanggapan docktr gimna?sblm kmi berobat lnju
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AM

Terima kasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Jadi secara statistik nyeri kronis setelah melahirkan lebih banyak pada paska operasi caesar dibandingkan melahirkan normal. Tapi nyeri di sebelah mana, ternyata nyeri di area operasinya bukan di vagina. Dari nyeri kronis tersebut pada wanita yang melahirkan normal adalah nyeri saat berhubungan seksual. Pada paska operasi caesar nyeri terasa di daerah perut dimana dilakukan operasi.

Anda perlu mencari kemungkinan lain dari nyeri saat berhubungan. Biasanya disebabkan karena kondisi vagina yang kering akibat paska melahirkan dan menyusui. Bagaimana cara mengatasinya, foreplay lebih lama atau menggunakan lubrikasi sintetis untuk kenyamanan istri anda. Memang kalau ada bayi kecil waktu berdua agak terbatas ya. Kalau terus dilakukan dalam kondisi kering, lama kelamaan bisa lecet, perih atau luka di dinding vagina. Bila ada keluhan keputihan dan gatal, kemungkinan sudah terkena infeksi. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika vagina anda tersasa perih saat bercinta, itu bisa menjadi salah satu gejala dispareunia

Vagina Perih Saat Bercinta? Waspadai Menderita Gejala Dispareunia!

Dispareunia adalah nyeri pada alat kelamin yang terus menerus dan atau berulang sesaat sebelum, saat, atau pun sesudah berhubungan seks. Gejala dispareunia yaitu nyeri pada saat penetrasi, vagina perih. Penyebabnya adalah tidak cukupnya pelumas, adanya riwayat luka atau iritasi.