Riwayat operasi pada rahim 5 tahun lalu, saat ini muncul perdarahan

LG Info Penanya: LG, Wanita, 2019 Tahun
Selamat malam dokter, saya ingin bertanya.Saya wanita umur 47 tahun, pada thn 2012 saya operasi angkat rahim karena ada endometreosis. Tapi beberapa bupan kemudian, setiap kali berhubungan dgn suami, selalu terasa nyeri didalam perut karena bekas operasi tersentuh. Pada tahun 2016, setiap berhubungan dgn suami selalu berdara lumayan banyak, saya periksa ke dokter kandungan terdekat, diperiksa dalam dan usg katanyà ada benjolan dan hrs segera dioperasi karena bisa menyebabkan kanker servix, saya panik.Saya takut operasi lagi, saya cari second opinion ke dokter kandungan yg mengoperasi saya dulu, beliau katakan ada luka kecil, bekas luka sayatan dulu sedikit terkoyak karena tersentuh sewaktu berhubungan. Kemudian diperiksa lab, dan hasilnya tidak ada penyakit berbahaya, dan diberikan resep obat, dan sembuh tidak pernah berdarah lagi. Tapi beberapa minggu terakhir, berdarah lagi dan benjolan kecil yg dulu masih ada didalam kalau saya raba menggunakan jari telunjuk terasa sedikit ngilu, sedikit sekali ngilunya.Apa yg hrs saya lakukan dokter?Terimakasih banyak sebelumnya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang,L

 

Untuk menentukan kondisi anda sebaiknya periksakan langsung ya agar segera diketahui apa penyebabnya. Periksakan langsung ke dokter spesialis kandungan ya.

 

Tips untuk anda:

- Sebaiknya tidak berhubungan intim dengan suami dahulu selama masa pendarahan

- Istirahat cukup

- Makan makanan yang bergizi, tidak makan makanan cepat saji ya

- Minum air putih 2L perhari

- Hindari konsumsi makanan yang olahan yang bakar-bakaran karena mengandung karsinogenik/pemicu kanker

- Tidak  menyentuh benjolan ya 

- Jaga kebersihan area vagina

 

Jangan menunda ke dokter yaa

Salam sehat

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kanker serviks umumnya baru akan muncul saat kanker mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya

Kenali Gejala Kanker Serviks Berikut Ini, Sebelum Terlambat

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang ditakuti wanita. Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan mengetahui beberapa gejala kanker serviks yang umum terjadi, misalnya perdarahandi luar masa menstruasi.