Riwayat amandel, timbul nyeri tenggorokan dan sulit bernapas

H Info Penanya: H, Wanita, 21 Tahun
saya mempunyai riwayat amandel tapi saya mengetahui jika amandel baru tahun kemarin yang saya ingin tanya kan dok sekarang saya kalau makan seperti permen, senek, minum dingin atau apapun itu yang sudah masuk kulkas, makn panas itu merasa sakit di tengorokan dok dan saya sering d bangunkan teman saat tidur karena ngorok . tp sebelum tidur merasa agak sulit bernapas dok kayak ada yang menghalan2 i
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H

Nyeri tenggorokan dan sesak nafas anda akibat radang di saluran nafas. Selain ada amandel (tonsil), ada juga kelenjar adenoid di dekatnya. Keduanya bisa meradang karena minuman dingin atau panas, juga sesuatu yang berbumbu atau manis. Karena peradangan membuat keduanya membesar dan bisa menghalangi saluran nafas sehingga timbul mengorok.

Sebetulnya salah satu indikasi mengangkat amandel adalah mengorok karena mengakibatkan kualitas tidur anda berkurang. Efeknya jadi tampak lelah dan kurang segar. Bisa kurang konsentrasi di tempat kerja atau di sekolah pada anak-anak.

Untuk penanganannya anda dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi sakit tenggorokan yang tidak parah bisa menggunakan madu, air lemon, hingga soda kue

Pakai Madu Hingga Minyak Kelapa, Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Cepat

Sakit tenggorokan, yang kerap muncul saat demam, pilek, atau flu, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Pada sakit yang tidak parah, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan, dengan bahan alami di rumah. Beberapa bahan alami tersebut antara lain madu, air lemon, dan minyak kelapa.