Risperidon golongan obat

D Info Penanya: D, Pria, 19 Tahun
1.Risperidone termasuk golongan obat apa dr?2. Golongan obat dari antipsikosis apa saja ya dr?3. Obat apa saja dr yg dapat menginduksi enzim pemetabolisme antipsikotik dan menghambat enzim tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi D

Risperidon adalah obat antipsikosis generasi ke 2 yang berkerja untuk mengobati gangguan mental psikosis atau skizofrenia. Bekerja dengan selektif memblokade reseptor serotonin kortikal dan sistem dopamin limbik di otak sehingga mampu menekan timbulnya gejala gangguan mental dan halusinasi. 

Golongan obat antipsikosis lain adalah haloperidol yang menjadi obat generasi ke 1 tipikal antipsikosis yang  menghambat reseptor dopamin, muskarinik kolinergik, α-adrenergik, dan H1-histaminergik. 

Perbedaan keduanya terlihat pada efek ekstrapiramidal dimana obat generasi ke 1 biasanya memicu gangguan ekstrapiramidal seperti kekauan akhinesia dan parkinsonisme.

Proses kerja dopamin didalam otak adalah sebagai neurotransmiter yang  diproduksi neclei hipofisis kelanjar endokrin ptuari, produksi dopamin yang tinggi di otak dapat memicu gangguan mental dan halusinasi. Pada pasien gangguan jiwa biasanya didapatkan banyak jumlah dopamin dan yang memicu gejala mental, dengan pemberian risperidon biasanya gejala gangguan mental akan membaik dan terkontrol. 

Salam sehat

dr.Zulham 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspadai perilaku rewel pada anak, yang bisa menjadi gejala stres.

Anak Juga Bisa Stres, Begini Cara Menghilangkan Stres pada Anak !

Tidak hanya pada orang dewasa, stres juga bisa terjadi pada anak-anak. Sayangnya, belum banyak orangtua yang sadar akan hal ini. Anda dapat melihat bagaimana perubahan suasana hati pada anak hingga memantau perilaku anak di sekolah untuk memastikan apakah anak Anda mengalami stres.