Tulang tumit retak dan sakit

AF Info Penanya: AF, Pria
Dok mau tanya, ini saya retak pada tulang tumit dan saya baru saja di gip. Yang menjadi pertanyaan saya ini gip saya pada bagian bawah tumit kok empuk ya? memang dibuat seperti itu atau saya perlu kontrol sekarang? soalnya rasanya sakit dan jadwal kontrol saya 2 minggu lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AFA.

Tulang adalah bagian tubuh yang bersatu sebagai rangka, dimana rangka akan menyokong bentuk tubuh manusia. Ada sekitar 206 tulang pada manusia dewasa, dimana salah satunya adalah tulang tumit.

Apabila tulang tumit retak, maka biasanya akan timbul gejala seperti berikut:

  • Nyeri, terutama jika dijejakkan saat berdiri, berjalan, atau berlari
  • Kebas atau mati rasa
  • Tumit tampak bengkak
  • Memar
  • Pada kondisi yang parah, tulang yang retak bisa tampak dari luar dan menembus kulit

Penanganan tumit yang retak tergantung pada derajat keparahannya. Pada kasus yang parah, terkadang diperlukan tindakan operasi untuk pemasangan pen, kemudian dipasang gips pascaoperasi. Tetapi, pada kasus yang ringan, biasanya hanya dilakukan fiksasi untuk menstabilkan tulang tumit dengan gips. 

Terkait gips yang terasa empuk, ketebalan gips berbeda-beda satu sama lain. Selama gips tersebut dipasang oleh dokter dan dirawat dengan benar, maka kondisi tersebut adalah normal. Tetapi, apabila Anda merasakan sakit yang hebat pada tumit, atau disertai dengan sulit bergerak maupun bengkak, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter spesialis ortopedi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

CT scan adalah salah satu prosedur pindai medis

Apa Itu CT Scan dan Bagaimanakah Prosedurnya Dilakukan?

CT scan adalah pemeriksaan medis lanjutan yang direkomendasikan oleh dokter bila tes-tes pindai lainnya kurang efektif dalam memastikan diagnosis penyakit. Agar tidak kaget ketika harus menjalaninya, ada baiknya Anda membekali diri mengenai persiapan dan prosedur CT scan terlebih dulu.