21 Mar 2021, 16:24Kandungan

Apa yang menyebabkan timbul garis 1 merah tebal di test pack ?

CM
Info Penanya: CM0
Sore dok , dok saya fia umur 25th Dok, saya mau bertanya , Biasanya saya respek garis 1 tp warnanya hanya merah biasa , nah ini kemaren saya tespek garis 1 warnanya merah banget dan tebal dok , apakah itu hal biasa yang terjadi pada tespek atau ada kemungkinan kadar Hcg akan timbul dok ?
387 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, F.Salah satu alat mendeteksi kehamilan dengan harga yang murah, alat yang mudah ditemui, bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, adalah pemeriksaan urin saat wanita bangun di pagi hari menggunakan test pack. Pemeriksaan test pack akan menunjukkan hasil yang positif jika kehamilan terjadi. Namun hasil pemeriksaan test pack bisa saja negatif walau kehamilan berlangsung karena banyak hal antara lain hormon HCG yang belum meningkat di urin.

Apa yang menyebabkan timbul garis 1 merah tebal di test pack ?

Keluhan yang Anda alami dimana saat melakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack hasil menunjukkan garis 1 berwarna merah tebal walau sebelumnya hasil pemeriksaan hanya berupa garis merah 1 tipis/samar,  berarti tidak terjadi kehamilan, alat yang kurang sensitif, urin yang terlalu banyak, urin terlalu sedikit, urin bercampur air saat pemeriksaan, hasil pembacaan yang terlalu cepat atau terlalu lama.  Namun hasil pemeriksaan test pack garis 1 merah tebal belum tentu wanita pasti tidak hamil jika hormon HCG belum meningkat. Untuk memastikan apakah benar terjadi kehamilan, Anda dapat mengulang pemeriksaan test pack 2 minggu kemudian. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan yang lebih akurat menggunakan USG lewat jalur vaginal bersama dokter spesialis kandungan.Jika Anda berencana memiliki keturunan, maka lakukan pola hidup sehat bersama pasangan, tidak merokok dan minum alkohol, melakukan olahraga secara rutin. Jika Anda ingin menunda kehamilan, maka gunakan alat kontrasepsi baik Anda maupun pasangan salah satunya kondom.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilanusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil