TANYA DOKTER

Resiko infeksi HIV akibat berhubungan dengan ODHA tanpa pengaman

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Zulham Effendy

Selamat sore, A

Resiko infeksi HIV meningkat pada hubungan sexual beresiko terutama bagi yang tidak menggunakan pengaman kondom, sampai saat ini tidak ada metode proteksi infeksi menular sexual yang aman selain menghindari hubungan sexual beresiko.

Pada tahap awal infeksi HIV mungkin hanya menunjukkan gejala seperti flu, badan terasa pegal, nyeri menelan dan demam ringan, gejala progresif yang akan semakin memburuk seiring lamanya waktu bahkan terkadang tanpa gejala hingga pada tahap AIDS nanti akan menimbulkan gejala yang berat seperti infeksi paru, radang selaput otak, diare kronik dan menuju kematian. 

Untuk konfirmasi pasti terkena HIV dilakukan pemeriksaan darah, jika hasil negatif dapat di ulang 3 bulan kemudian karena mungkin saat periode jendelan sering didapatkan hasil negatif. Sehingga anda harus di ulang kembali untuk memastikan adakah infeksi atau tidak.

Saya sarankan anda untuk menghindari aktivitas sexual beresiko, lakukan konseling VCT dan tes ulang anti HIV  setelah 3 bulan. Anda juga harus menjalani aktivitas sehat, hindari rokok, alkohol, olahraga dan cari kesibukan yang lebih berguna.

Salam sehat

dr. Zulham

1 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

A
A 12 Agt 2019, 12:32
Makasih dok, saya tidak melakukan hal beresiko lagi sejak saat itu, Maaf dok mau nanya lagi, sejak saat itu saya sudah sharing dengan istri terkait hal itu, hubungan sexual dengn istri menggunakan kondom sejak saat itu, apakah aman dok? Kemudian apakah aman bila saya mengemut payudara istri saya? (Tidak ada luka d payudara istri) mohon penjelasannya dok... ???
Kirim
Back to Top