Resiko infeksi HIV akibat berhubungan dengan ODHA tanpa pengaman

A Info Penanya: A, Pria, 30 Tahun
KEMUNGKINAN BERHUBUNGAN DENGAN WANITA ODHA TANPA PENGAMAN. Mt siang dok. Tanggal 12 Juli saya mlakukan kgiatan beresiko dngan seorang psk, dan itu tanpa pngaman. Stelah selesai, saya trsadar akan resikonya. Kjadiannya brlangsung selama -+30detik dan orgasmenya di luar. Hingga sekarang saya sungguh parno, apa saja yang terjadi pada tubuh saya selalu saya kaitkn dengn gejala hiv. Skarang udah 4 minggu, saya prnah bersin tetapi tidak sering (kalaupun ada 1-3 kali sehari), terkadang prgelangan tangan sbelah kiri terasa agak nyeri tapi tidak sakit dn itu hanya sesaat, udah hampir sminggu tenggorokan trasa tidak enak (prti ada lendir d tenggororokan tetapi bukan dahak) tetapi telan ludah dn makanan tidak sakit, skarang lidah yang trasa tidak enak (warna lidah normal, warna pink), smalam agak berkeringat (baju tidak sampai basah sperti orang slesai olah raga), Yang ingin di tanyakan, apakah saya sudah terinfeksi hiv dok? Saya tes hiv di tanggal 24 juli non reaktif, rncana tes lagi d bulan oktober. Wanita itu perawakannya kurus jadi saya sungguh sangat hawatir, dan prasaan sungguh tidak enak, sangat kepikiran dengan apa yang akan trjadi pada saya....Saya kapok, dan tidak akan mengulanginya lagi... mohon pnjelasannya dok.... trima kasih sebelumnya...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A

Resiko infeksi HIV meningkat pada hubungan sexual beresiko terutama bagi yang tidak menggunakan pengaman kondom, sampai saat ini tidak ada metode proteksi infeksi menular sexual yang aman selain menghindari hubungan sexual beresiko.

Pada tahap awal infeksi HIV mungkin hanya menunjukkan gejala seperti flu, badan terasa pegal, nyeri menelan dan demam ringan, gejala progresif yang akan semakin memburuk seiring lamanya waktu bahkan terkadang tanpa gejala hingga pada tahap AIDS nanti akan menimbulkan gejala yang berat seperti infeksi paru, radang selaput otak, diare kronik dan menuju kematian. 

Untuk konfirmasi pasti terkena HIV dilakukan pemeriksaan darah, jika hasil negatif dapat di ulang 3 bulan kemudian karena mungkin saat periode jendelan sering didapatkan hasil negatif. Sehingga anda harus di ulang kembali untuk memastikan adakah infeksi atau tidak.

Saya sarankan anda untuk menghindari aktivitas sexual beresiko, lakukan konseling VCT dan tes ulang anti HIV  setelah 3 bulan. Anda juga harus menjalani aktivitas sehat, hindari rokok, alkohol, olahraga dan cari kesibukan yang lebih berguna.

Salam sehat

dr. Zulham

A
13 Aug 2019, 02:57
Makasih dok, saya tidak melakukan hal beresiko lagi sejak saat itu, Maaf dok mau nanya lagi, sejak saat itu saya sudah sharing dengan istri terkait hal itu, hubungan sexual dengn istri menggunakan kondom sejak saat itu, apakah aman dok? Kemudian apakah aman bila saya mengemut payudara istri saya? (Tidak ada luka d payudara istri) mohon penjelasannya dok... ???

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi HIV dapat terjadi karena adanya kontak langsung dengan darah atau air mani

Waspada, Ini Gejala Awal HIV yang Harus Anda Kenali!

Gejala HIV bersifat individual sehingga setiap orang bisa berbeda-beda. Satu-satunya cara untuk dapat mengetahui gejala awal HIV adalah dengan melakukan uji laboratorium. Namun, ada beberapa gejala yang bisa Anda pahami sebagai antisipasi, seperti demam, sakit tenggorokan, dan infeksi yang sering terjadi.