Onani berlebihan apakah dapat terkena herpes ?

O Info Penanya: O, Pria, 21 Tahun
Siang dokter,saya ingin brtanya apakah sering melakukan onani dapat menyebabkan terkena herpes??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, O.

Onani adalah sebutan lain dari masturbasi yang berarti suatu cara untuk mendapatkan kepuasan seksual tanpa melakukan hubungan seks antarkelamin secara langsung. Onani ini dilakukan dengan memberikan rangsangan pada alat kelamin melalui sentuhan, gosokan atau pijatan hingga terjadinya ejakulasi atau pengeluaran cairan saat rangsangan seksual mencapai klimaks atau orgasme.

Kendati dipercaya memiliki manfaat seperti pelepasan hormon baik pada tubuh, memberikan sensasi menyenangkan dan mengurangi stres, onani juga memiliki berbagai efek samping jika dilakukan berlebihan.

Beberapa efek samping dari onani yang berlebihan, diantaranya adalah :

  • menurunkan sensitifitas seksual 
  • menimbulkan kecanduan hingga mengganggu aktivitas dan kehidupan sosial
  • memunculkan rasa bersalah
  • dapat memicu terjadinya iritasi kulit
  • dapat memicu terjadinya edema atau pembengkakan

Terkait dengan pertanyaan Anda, telah dipaparkan beberapa efek samping dari melakukan onani yang berlebihan pada pembahasan diatas. Namun untuk herpes sendiri yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya tidak dipicu oleh kegiatan onani tunggal. Terkecuali kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan kontak seksual bersama pasangan yang telah terinfeksi penyakit herpes genital sebelumnya, karena penyakit tersebut merupakan salah satu jenis penyakit infeksi menular seksual. 

Untuk informasi yang lebih lanjut mengenai penyakit herpes, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN
04 Apr 2020, 22:19
Hallo dok saya Aprilia 24tahun Saya merasa di dalam vagina sebelah kiri saya ada semacam benjolan tapi tidak keras dan sekarang saya merasa nyeri walaupun hanya di sentuh perlahan . Apakah itu penyakit para dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 Apr 2020, 07:36
Selamat pagi AN,
Benjolan di dalam vagina bisa disebabkan beberapa hal seperti adanya kista seperti kista bartholing, adanya polip di vagina, adanya kista vagina dan beragam penyebab lain. Untuk itu perlu diperiksakan secara langsung pada dokter atau dokter spesialis kandungan untuk pastinya ya. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
dr. Adhi P
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus H5N1 adalah virus flu burung yang dapat ditularkan dari unggas yang terinfeksi ke manusia

Mirip Flu Biasa, Inilah Gejala Flu Burung

Gejala flu burung kerap disepelekan karena sama seperti gejala flu biasa. Virus H5N1 penyebab flu burung telah menjadi wabah yang ditularkan dari unggas ke manusia. Segera periksakan diri apabila gejala flu berlangsung lebih lama.