06 Jun 2020, 13:34Kandungan

Kenapa siklus haid saya tidak teratur?

AS
Info Penanya: AS0
Assalamualaikum, dok, saya ingin bertanya. Saya adalah seorang remaja berusia 16 tahun yang siklus haidnya tidak teratur, biasanya 2-3 bulan sekali, dan sekalinya haid akan cukup lama (7-15 hari). Lalu sekarang, setelah 2-3 bulan saya haid lagi, tapi dalam sebulan sudah 2x haid, yang pertama hanya 7 hari dan sedikit sekali, lalu 2 minggu kemudian, saya haid lagi, hingga sekarang sudah hari ke-13 dan darah yang keluar masih banyak bahkan tidak berkurang. Kenapa ya dok?
12958 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, AS.Menstruasi atau haid terjadi karena tidak ada proses pembuahan, sehingga dinding rahim yang telah dipersiapkan untuk kehamilan luruh, dan keluar dalam bentuk darah melalui liang vagina. Haid yang normal biasanya terjadi setiap 21-35 hari, berlangsung selama 3-8 hari. 

Penyebab Haid Tidak Normal

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, siklus haid dan lama haid Anda saat ini tergolong tidak normal, ya. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh Anda, yang dipicu oleh beberapa penyebab, yaitu:
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal, apabila sudah menikah dan menggunakannya
  • Naik atau turunnya berat badan secara drastis dalam waktu cepat
  • Stres yang berlebihan
  • Kelelahan, atau aktivitas yang terlalu berat
  • Pola makan yang tidak bergizi, atau sering mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan, makanan cepat saji, dan lain-lain
  • Tidak cukup tidur atau sering begadang
  • Gangguan tiroid
  • Polycystic ovary syndrome
  • Dan banyak penyebab lainnya
Untuk memastikan, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan USG untuk mengetahui kondisi rahim Anda, kemudian akan memberikan penanganan yang tepat, misalnya obat-obatan jika diperlukan.Selain itu, Anda juga dapat menjaga keseimbangan hormon dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, tidur cukup, dan mengelola tingkat stres dengan baik. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil