Mood naik turun pada usia remaja

SA Info Penanya: SA, Wanita, 17 Tahun
Selamat malam dok, saya ingin bertanyaBeberapa hari sebelumnya saya merasa sangat bahagia sekali, sangat senang, senyum", sampai jingkrak", tp saya gak tau sebabnya. Tapi kalo gak salah sekitar 2 minggu kebelakang saya ngerasa sedih, dan benar" down, sampai pernah melukai diri saya sendiri. Dan itu hampir terjadi tiap beberapa minggu dok. Ini gimana ya maksudnya? Terimakasih :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA.

Usia remaja adalah usia peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Saat seseorang berada di fase ini, akan terjadi perbedaan hormon-hormon yang diproduksi. Oleh karena itu, remaja akan mengalami banyak perubahan dari segi fisik dan psikologis. 

Salah satu perubahan psikologis yang dialami oleh remaja adalah perubahan emosi. Adalah normal apabila seorang remaja cenderung lebih mudah merasa senang dan sedih secara tiba-tiba. Tetapi, hal ini sudah tidak normal apabila remaja tersebut melakukan self harm atau melukai diri sendiri, seperti yang Anda lakukan.

Oleh karena itu, ke depannya, apabila Anda merasa sedih, Anda dapat mencoba untuk berbicara kepada orangtua tentang kondisi yang Anda alami. Jika tidak bisa dengan orangtua, Anda juga bisa bercerita kepada teman, sahabat, saudara kandung, atau siapapun yang Anda percaya. Dengan bercerita, Anda dapat membagi beban pikiran dan akan menjadi lebih lega.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal-hal positif seperti menulis atau menggambar untuk mencurahkan perasaan sedih tersebut. Serta, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas hal-hal bahagia yang pernah Anda alami. Apabila tak berhasil juga, sebaiknya komunikasikan kepada orangtua atau wali untuk berkonsultasi ke dokter spesialis jiwa.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak yang pintar dan cerdas memiliki kemungkinan menjadi korban bullying

Kenali Tipe-Tipe Anak yang Rentan Mengalami Bullying di Sekolah

Beberapa tipe anak mungkin akan di-bully jika memiliki kondisi fisik tertentu. Tidak hanya itu, anak yang pintar dan cerdas atau anak yang disukai di sekolah pun memiliki kemungkin menjadi korban bullying.