Rasa tidak nyaman pada kelamin

Z Info Penanya: Z, Pria, 22 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya.Saya laki-laki, berusia 23 tahun, masih sehat.Saya merasa tidak nyaman pada kelamin saya sendiri, dari segi fisik maupun mental.Misalnya, kenyataan kalau ada sesuatu di antara kaki itu rasanya sangat mengganggu, apalagi saat sedang beraktifitas sehari-hari, seperti testis yang terjepit padahal memakai celana longgar.Kondisi begini sudah saya rasakan sejak dari masa remaja dulu (smp-sma).Yang jadi pertanyaan saya, apakah ini ada gangguan di mental saya atau bagaimana dokter?Sedangkan saya sendiri tidak ada niatan jadi perempuan atau bagaimana, paling hanya berpikir kalau betapa 'plong'nya kalau ga ada apa2 disana.Terimakasih bagi yang mau menjawab keluhan saya.Salam hormat.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Z,

Rasa tidak nyaman yang timbul dari area organ intim dapat timbul akibat beberapa penyebab yang bisa tidak nampak secara kasat mata. Gangguan pada area organ intim pria sendiri ada beberapa yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seperti:

  • Hernia atau keluarnya isi rongga perut menembus otot yang lemah
  • Adanya pelebaran vena di area skrotum atau varikokel
  • Adanya cairan di kantung buah zakar atau hidrokel
  • Infeksi kulit
  • Penyebab lainnya

Untuk itu ada baiknya memeriksakan diri tidak hanya fisik tetapi juga dapat menceritakan apa yang dirasakan dan dirasa mengganjal agar bisa dilakukan evaluasi atas apa yang dialami sehingga bisa dipastikan apa yang menjadi penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Timbulnya gejala fisik tetapi dipengaruhi oleh kondisi mental juga bisa terjadi atau disebut dengan psikosomatis. Untuk itu periksakan diri agar segera diketahui kondisi yang Anda alami ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Balanitis adalah penyakit seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur

Hati-hati, Penis Belum Disunat Bisa Sebabkan Balanitis? Ini Alasannya

Balanitis adalah penyakit seksual yang terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, circinate balanitis yang disebabkan oleh reaksi penyakit artritis pada bagian kepala penis,berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kedua, micaceous balanitis yang menyebabkan kulit bersisik di kepala penis. Dan yang ketiga, adalah zoon’s balanitis yang paling umum terjadi pada penis yang belum disunat.