Rasa tidak nyaman pada dada, mengapa dapat terjadi?

BA Info Penanya: BA
Dok saya ingin bertanya,, dada saya sakit pas bangun tidur pagi.. udah dua hari ini rasanya kalau buat berdiri posisi rukuk salat kaya ada air nya naik trus kembali posisi berdiri rasanya nyeri dok,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, B.

 

Keluhan anda mungkin disebabkan oleh :

- GERD/ Gastroesofageal Refluks : Asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan dada panas, nyeri ulu hati, mual dan muntah

- LPR/Laringopharingeal refluks : adalah kondisi dimana asam lambung naik lalu masuk ke tenggorokan dan area pita suara. sehingga gejala yang dialami akan berupa sering mendehem, sendawa, tidak nyaman di perut, adanya lendir dari belakang hidung (post nasal drip)

- Maag : Kondisi maag adalah naiknya asam lambung sehingga menyebabkan iritasi lambung,  mual dan muntah. Terkadang akan lemas,berdebar-debar  dan pucat. Hal ini biasanya dipicu oleh makanan seperti yang pedas,asam dan bersantan serta minuman berkafein seperti teh/kopi.

- Gangguan jantung : Biasanya nyeri dada sampai lengan dan rahang,  terasa seperti tertimpa beban berat, sesak napas dan berkeringat.

 

Untuk memastikan kondisi anda sebaiknya segera ke dokter agar diperiksa secara langsung dan mendapat tindakan yang sesuai.

 

Tips untuk anda adalah :

- Jangan menunda waktu makan

-Hindari stres

- HIndari kopi/ teh

- Hindari makanan yang pedas,asam, dan bersantan

- Istirahat cukup

- Perbanyak asupan air mineral 2Liter perhari

 

Jika mengalami mual, muntah hitam, bab hitam/ berdarah, nyeri dada hebat hingga sesak napas dan pucat maka segera ke UGD ya

 

Semoga membantu

Salam sehat

dr. Karlina Lestari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Segera hubungi dokter jika suhu tubuh bayi sudah mencapai di atas 37 derajat celcius

7 Penyakit Bayi yang Sering Menyerang hingga Usia Balita

Gejala lain termasuk muntah atau meludah dan gerakan mengangkat kaki ke atas atau melengkungkan punggungnya. Kadang, suara bayi terdengar serak atau bersendawa.