Rasa tertekan di leher dan sesak

HH Info Penanya: HH, Pria, 53 Tahun
Rasa tertekan di area leher dan napas agak sesak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HH,

Rasa tertekan dan sesak napas perlu diwaspadai terutama jika disertai suara napas tambahan seperti mengi, kuku dan bibir menjadi kebiruan, dan juga menyebabkan kesulitan bernapas karena bisa merupakan kegawatan yang memerlukan penanganan segera. Penyebabnya sendiri bisa karena asma atau peradangan, pembengkakan dan penyempitan pada saluran napas. Selain itu sesak juga bisa disebabkan oleh beragam penyebab sesak lain seperti:

  • Penyakit asam lambung
  • Otot yang tegang
  • Radang tenggorokan
  • Infeksi saluran napas
  • Gangguan saluran napas lain
  • Gangguan jantung
  • Kondisi psikis seperti cemas, panik, stres

Untuk itu perlu diperhatikan kondisi apa yang menjadi pencetusnya dan dihindari seperti kelelahan, terlambat makan, stres, paparan dengan alergen seperti udara dingin, polusi, asap rokok, makanan atau minuman tertentu dan lainnya. Jika keluhan berulan juga perlu untuk diperiksakan dimana nantinya dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen, pemeriksaan kapasitas paru, rekam jantung dan pemeriksaan lain yang diperlukan untuk mencari penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami kesulitan bernapas, waspadai tanda-tanda syok yang mungkin Anda alami.

Sulit Bernapas Merupakan Salah Satu Tanda tanda Syok yang Harus Diwaspadai

Syok merupakan kondisi berbahaya dan mengancam nyawa. Penyebabnya adalah kurangnya darah yang bersirkulasi di dalam tubuh dan mengakibatkan sel-sel dalam tubuh tidak dapat menerima oksigen yang cukup.