27 Dec 2020, 20:46Penyakit Lainnya

Penyebab nyeri dan ngilu pada tumit kaki

DM
Info Penanya: DM0
Nyeri seperti ngilu di telapak kaki bagian tumit
1128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, D.Masalah pada kaki baik karena benturan, infeksi, kelemahan, menyebabkan fungsi kaki menjadi terganggu. Kaki yang terdiri dari beberapa organ seperti tulang, otot, sendi, pembuluh darah, dan saraf dapat mengalami gangguan. Seseorang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat menambah beban berat pada kaki sehingga memperparah rasa sakit pada kaki.

Penyebab nyeri dan ngilu pada tumit kaki

Tumit merupakan salah satu penopang tubuh yang dapat sakit terutama saat Anda bangun dari tempat tidur, berjalan, menaiki tangga, melompat, berlari, dan saat beban tubuh terlalu berat misalnya pada obesitas atau wanita hamil. Selain itu penyebab nyeri dan ngilu pada tumit kaki antara lain :
  • Plantar fascitis dimana rasa nyeri timbul sangat sakit pada area tumit seperti rasa tertusuk jarum saat pertama kali kaki menginjak setlah bangun tidur atau setelah duduk dalam waktu yang lama.
  • Pengapuran pada tulang tumit akibat kekurangan kalsium dan faktor usia.
  • Benturan pada tumit membuat tumit bengkak serta nyeri.
  • Peradangan pada sendi akibat cairan sendi yang berkurang.
  • Aliran darah yang terhambat ke arah kaki akibat penekanan terlalu lama, kolesterol yang menumpuk di darah, tekanan darah tinggi, atau gula darah yang tidak terkontrol.

Cara mengatasi nyeri dan ngilu pada tumit kaki

Cara mengatasi nyeri dan ngilu pada tumit kaki antara lain Anda harus menjaga berat badan ideal, hindari beban berat pada kaki, pelan-pelan saat bangun dari tidur, jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, jangan terlalu lama duduk atau berbaring, selalu cek kesehatan Anda di dokter, konsumsi makanan mengandung kalsium atau suplemen kalsium, minum vitamin yang memperbaiki fungsi saraf seperti vitamin B compleks 1 x 1 tablet sehari.Jika nyeri dan ngilu pada tumit terus dirasakan diikuti rasa sakit yang luar biasa, kesulitan berjalan, rasa panas di sendi, kelemahan pada kaki, dan mati rasa, segera ke dokter untuk pmeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
nyeri sendikesehatan tulangpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil