Rasa nyeri pada dada saat bangun tidur

CN Info Penanya: CN, Pria, 28 Tahun
Halo dokSaya mau tanya, dada saya suka nyeri dan sakit setiao bangun tidur. Tapi tidak menjmbulkan sesak nafas. Kenapa ya dok?? Terimakasih atas jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, C.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri dada merupakan suatu kondisi dimana dada terasa seperti perih, tertimpa beban berat, dan juga tertusuk. Nyeri dada bisa terletak dimana saja. Bisa disebelah kanan, kiri, maupun tengah. Kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya, tetapi bisa juga bertahan selama berhari-hari. Nyeri dada sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Selain karena penyakit jantung, ada beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri dada. 

Penyebab nyeri dada selain karena penyakit jantung, yaitu:

  • Penyakit paru-paru: emboli paru, efusi pleura, abses paru, dan atelektasis.
  • Gangguan pencernaan: GERD, gastritis, batu empedu. 
  • Gangguan otot dan tulang dada: patah tulang rusuk, radang tulang rawan.
  • Kondisi medis lain: herpes zoster, gangguan cemas.

Untuk memastikan penyebab dari nyeri dada yang Anda alami ini, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan penunjang seperti EKG, rontgen, tes darah, dll sesuai anjuran dari dokter. Untuk sementara, agar keluhan ini berkurang, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen, mengoleskan salep/balsem pereda nyeri ke dada, dan mengompres dengan air hangat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita berusia 55 tahun atau lebih memiliki risiko penyakit jantung yang lebih besar

11 Faktor yang Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat terjadi pada siapa saja. Bahkan penyakit ini termasuk ke dalam penyakit yang paling mematikan di dunia. Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung. Apa saja itu?