Rasa sakit pipi dalam apa penyebabnya?

YA Info Penanya: YA, Pria, 21 Tahun
Halo dok saya mengalami rasa sakit dan nyeri pada bagian dalam pipi kiri saya serta muncul beberapa bintik berwarna putih pada bagian dalam pipi kiri saya, menurut dokter langkah pertama yang harus saya ambil apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YA,

Keluhan nyeri pada pipi bagian dalam yang disertai dengan bintik-bintik putih bisa disebabkan oleh sariawan atau infeksi jamur.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membedakannya yakni dengan cara menggosoknya menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat, bila bintik-bintik putih gampang hilang maka disebabkan oleh sariawan. Selain itu pada sariawan akan ditemukan riwayat trauma sebelumnya seperti tidak sengaja tergigit, tertusuk duri ikan, atau trauma saat gosok gigi.

Pada infeksi jamur akan ditemukan bercak-bercak putih yang susah hilang, tidak terasa nyeri, namun ada gangguan napsu makan. Infeksi jamur yang luas bisa terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh yang menurun misal pasien HIV, dalam pengobatan kemoterapi atau radioterapi, atau diabetes.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan bercak-bercak putih tersebut adalah dengan cara :

  1. Perbanyak konsumsi air putih, minimal 2 liter per hari.
  2. Kumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam, minimal kumur menggunakan air garam 4 kali dalam sehari.
  3. Hindari makanan yang keras, gorengan, dan keripik yang banyak bumbu penyedapnya.
  4. Bila sariawan, Anda bisa mengompres sariawan menggunakan lidah buaya.

Bila bercak putih semakin banyak, ada kesulitan membuka mulut atau menelan, muncul demam, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.