Rasa sakit dan keluar darah saat berhubungan

LD Info Penanya: LD, Wanita, 2019 Tahun
Dok knp saat qta berhubungan sm suami terasa sakit dan keluar darah...suami pun tak bisa masuk kedalam vagina dikarena kan sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LD,

Rasa nyeri saat berhubungan seksual atau disebut dengan dispareunia merupakan kondisi yang dapat timbul baik karena masalah fisik ataupun psikologis. Jadi ada baiknya untuk dapat berkomunikasi dengan pasangan agar dapat melakukan hubungan seksual yang nyaman bagi Anda dan juga pasangan.

Lakukan pemanasan atau foreplay untuk menciptakan suasana nyaman dan tidak tegang sebelum melakukan hubungan seksual juga untuk meningkatkan rangsang seksual sehingga timbul cairan pelumas alami di organ kewanitaan untuk membantu proses penetrasi. Jika kesulitan dapat menggunakan produk pelumas tambahan agar membantu melumasi organ intim sehingga lebih mudah dilakukan penetrasi.

Beberapa penyebab permasalahan hubungan seksual pada wanita diantaranya adalah:

  • Vagina yang kering
  • Vaginismus atau otot vagina yang tegang karena kontraksi yang bisa dipicu faktor medis atau psikis
  • Adanya infeksi atau peradangan pada kemaluan
  • Adanya gangguan atau penyakit tertentu pada organ reproduksi
  • Ukuran kelamin pria yang terlalu besar atau kelainan bentuk seperti akibat penyakit peyronie
  • Faktor psikis seperti stres, cemas, merasa malu atau mengalami ketakutan

Jika masih kesulitan dan timbul gejala sehingga hubungan seksual menjadi bermasalah, periksakan diri pada dokter agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan agar Anda dan pasangan dapat melakukan hubungan seksual tanpa masalah kedepannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

LD
17 Sep 2019, 10:55
Apakah karena keputihan saya yg terlalu banyak dan berbau ia dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang terdekat yang positif HIV, harus diberikan dukungan yang konstan

Lakukan Ini Jika Orang Terdekat Positif HIV

Semua orang bisa saja positif HIV, karena berbagai faktor yang tidak semuanya bisa dihindari. Dalam mencari dukungan, adakalanya orang terdekat yang positif HIV bercerita kepada Anda mengenai kondisi kesehatannya. Sebagai sahabat dan keluarga yang baik, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika orang terdekat positif HIV.