Rasa nyeri di langit-langit mulut. Apa sebabnya?

BG Info Penanya: BG
"dokter saya ada keluhan, dilangit langit mulut saya kok terasa nyeri atau sakit seperti dibtekan tekan dok, cara nyembuhinnya gimana dok ?"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, G

Rasa nyeri yang timbul di langit-langit mulut bisa timbul karena beberapa sebab, seperti:

- Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu pedas
- Sariawan di langit-langit mulut
- Infeksi virus atau bakteri seperti radang tenggorokan, radang tonsil, maupun sinusitis. Rasa nyeri bisa timbul saat sinus menekan langit-langit mulut atau adanya bakteri yang tumbuh di area tersebut sehingga muncul iritasi.
- Infeksi jamur. Pada kondisi ini, rasa nyeri umumnya juga disertai dengan warna kemerahan.
- Langit-langit mulut tidak sengaja tergores oleh makanan yang tajam seperti keripik atau tulang ikan.
- Ketidakseimbangan elektrolit di tubuh.
- Mengonsumsi alkohol berlebihan.
- Radang pada gusi bagian atas.

Untuk mengatasinya, terdapat berbagai cara, tergantung dari kondisi yang menyebabkannya. Apabila rasa nyeri disebabkan oleh konsumsi makanan yang terlalu panas, maka Anda perlu segera mendinginkan area tersebut dengan air dingin.

Sedangkan, apabila rasa nyeri timbul akibat sariawan, maka Anda dapat menggunakan obat oles khusus sariawan yang bisa dibeli di apotek. Rasa nyeri yang timbul akibat penyakit lain seperti infeksi virus, bakteri, sinusitis, atau radang gusi bisa hilang apabila penyakit awal yang menyebabkannya disembuhkan.

Untuk mengetahui lebih pasti penyebab rasa nyeri yang muncul, Anda tetap disarankan untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter gigi terdekat agar dokter bisa memeriksa kondisi secara langsung dan melihat kondisi rongga mulut secara keseluruhan. Dengan begitu, perawatan yang dilakukan juga bisa lebih tepat dan efektif.

Semoga membantu,

Salam sehat

drg. Nina Hertiwi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati sariawan yang bebas dari rasa perih dan nyeri

7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun akan lebih baik jika sariawan hilang lebih cepat dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami, misalnya garam, madu, yogurt, minyak kelapa, dan lain sebagainya.