rasa mengganjal di tenggorokan dan terasa nyeri di dada

L Info Penanya: L, Wanita, 40 Tahun
Dalam beberapa hari ini saya kalo terkena asap, asap apapun entah rokok, asap motor atau pun lainnya terasa ada yg mengganjal di tenggorokan dan terasa nyeri di dada, gejala apa dan apa harus saya lakukan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L

Asap rokok dan kendaraan bermotor dapat membuat iritasi di saluran pernafasan dari hidung, tenggorokan hingga saluran nafas. Jika disertai rasa mengganjal dan sesak nyeri dada maka telah terjadi respon inflamasi peradangan di saluran nafas anda yang membuat saluran memproduksi dahak yang banyak, membengkak sehingga saluran menyempit. 

Untuk itu sebaiknya anda memakai masker untuk menghindari paparan asap, menjauhkan diri dari orang yang merokok. Anda juga saya sarankan minum air putih yang banyak dan meningkat sistem imun dengan mengkonsumsi vitamin tambahan agar tidak terjadi respon berlebih dari zat yang di picu asap rokok. 

Jika keluhan ini tidak berkurang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter umum untuk selanjutya perlu di rujuk ke dokter THT atau dokter spesialis paru

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas mendadak dapat terjadi karena beberapa penyebab

Ketahui, 7 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Sesak Napas secara Tiba-tiba!

Sesak napas atau dispnea dapat terjadi ketika paru-paru tidak mendapat udara yang cukup. Terkadang sesak napas datang secara mendadak. Penyebabnya adalah asma, emboli paru, pneumonia, hingga gagal jantung.