rasa mengganjal di tenggorokan dan sering batuk

JF Info Penanya: JF, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin tanya belakangan ini tenggorokan bagian bawah sebelah kiri ada rasa seperti mengganjal, namun pas makan atau minum tidak ada rasa sakit apapun. tidak hanya rasa mengganjal saja namun jg sering batuk kering. ini kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore JF

Rasa mengganjal di tenggorokan disertai batuk dapat terjadi pada kondisi tonsilofaringitis kronik dimana terdapat radang tenggrokan disertai pembesaran amandel, adanya amandel yang telah hipertrofi membesar tidak membuat nyeri tapi biasanya membuat mengganjal, selanjutnya radang maupun iritasi disekitar tenggrokan tersebut akan memicu batuk kering. Rasa mengganjal di tenggrokkan juga terjadi akibat adanya massa tumor atau pembesaran kelenjar getah bening. 

Saya sarankan agar anda banyak minum air putih, hindari rokok dan alkohol, istirahat yang cukup. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk mencari tahu sumber ganjalan yang anda rasakan secara pasti melalui laringoskopi. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak semua tenggorokan terasa mengganjal indikasi penyakit serius

Tenggorokan Terasa Mengganjal? Jangan Anggap Sepele

Tenggorokan terasa mengganjal adalah indikasi dari suatu gangguan tertentu. Terkadang tenggorokan terasa mengganjal tidaklah serius, tetapi bisa jadi hal tersebut merujuk pada adanya cedera di pita suara yang memerlukan penanganan medis.