rasa kurang nyaman apa efek asam urat tinggi

AO Info Penanya: AO, Pria, 2019 Tahun
saya usia 60 thn, ketika lari/marathon belakangan ini sekitar pinggang tersa kurang nyaman, tapi tidak pula sampai ,sakit.. apakah itu efek dari asamurat, karena rasanya asamuat memang lagi tinggi, menginat tangan rada susah dikepalkan sepert ada yg ganjal, biasanya saya lari s/d 20 km pun tidak ada keluhan di pinggang, mohon bantuan penjelasannya, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A

Kondisi kurang nyaman pada sendi dan otot bisa terjadi akibat peningkatan asam urat. Peningkatan tersebut bisa jadi karena gangguan metabolisme purin pada saat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sehingga asam urat tinggi. Penumpukan asam urat biasanya terjadi di sendi sendi menyebabkan peradangan hingga nyeri. Selain itu penumpukan asam urat yang tinggi juga dapat memicu batu asam urat di ginjal yang biasanya mencetuskan rasa tidak nyaman dan nyeri di pinggang.

Saya sarankan anda untuk perbanyak minum air putih, kurangi konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti hati dan ampela atau jeroan, udang, kepiting, kacang untuk sementara waktu dan melakukan olahraga agar metabolisme tubuh menjadi baik, namun jika terdapat nyeri sebaiknya anda istirahat dahulu dari aktivitas fisik yang berat.

Anda juga harus berkonsultasi ke dokter untuk memeriksa kadar asam urat, pada kondisi asam urat yang terlalu tinggi mungkin anda perlu mendapatkan obat penurun asam urat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita asam urat harus mengontrol makanan seperti daging dan jeroan

Ini Dia Makanan Pantangan Asam Urat yang Harus Dihindari Penderitanya!

Salah satu penyebab tingginya asam urat adalah konsumsi makanan yang mengandung purin. Makanan seperti jeroan, daging, dan makanan laut tidak jarang dihindari untuk penderita asam urat karena makanan mengandung purin.